oleh

Pemprov Papua lepas Kontingen Popnas XIV Semarang

Jayapura (Antara Papua) – Pemerintah Provinsi Papua melepas kontingen Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 10-21 September 2017 di Semarang, Jawa Tengah, yang diikuti oleh siswa/siswi asal Bumi Cenderawasih di Main Hall Kantor Gubernur Jayapura pada Senin.

Pelepasan kontingen ditandai dengan penyerahan bendera Pemprov Papua secara simbolis oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty kepada ketua kontingen, di mana rencananya pelajar Bumi Cenderawasih akan mengikuti 18 dari 25 cabang olahraga yang diselenggarakan.

Elia Loupatty mengatakan Popnas merupakan puncak pembinaan prestasi pelajar nasional yang memacu dan memotivasi mereka dalam rangka optimalisasi pengembangan potensi atlet pelajar.

“Selain itu juga untuk membentuk dan meningkatkan persahabatan, persatuan, serta kesatuan bangsa sebagai sarana pemanduan bakat olahraga pelajar yang akan dibina di sentra-sentra latihan,” katanya.

Menurut Elia, sentra-sentra latihan tersebut, yakni PPLP dan sekolah khusus olahraga.

Ia mengharapkan Popnas juga menjadi sarana evaluasi serta pemanduan bakat bagi atlet-atlet potensial yang akan diproyeksikan pada berbagai kegiatan olahraga skala nasional dan internasional.

“Untuk itu, kami berharap agar Popnas dijadikan sebagai langkah awal untuk mempersiapkan atlet dengan sebaik-baiknya sehingga PON XX pada 2020, Papua sudah memiliki atlet yang dapat diandalkan meraih prestasi membanggakan Bangsa Indonesia, khususnya orang Papua,” ujarnya.

Dia menuturkan keinginan untuk memperoleh prestasi tersebut harus dibarengi dengan keseriusan dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pencapaian prestasi olahraga.

“Melalui Popnas ini, kami harus mampu berprestasi karena ini merupakan salah satu ukuran kesiapan guna menghadapi pesta olahraga yang lebih besar lagi, yairu penyelenggaraan PON XX pada 2020 di Tanah Papua,” katanya. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

banner
Bagikan :

News Feed