oleh

Kekurangan Oksigen Pendaki Puncak Cartenz Papua Tewas

 

Kawattimur, Salah seorang pendaki Puncak Cartenz Pyramid Papua dikabarkan meninggal saat melakukan pendakian bersama 2 rekannya, Senin 9 Oktober. Korban yang bernama Ahmad Hadi diduga meninggal akibat kekukarangan oksigen di lokasi pendakian. Jasad korban kemudian dievakuasi dengan helicopter dari lokasi menuju Timika ibukota Kabupaten Mimika, Selasa 10 Oktober.

Juru Bicara Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, pihaknya melalui Polres MImika memperoleh informasi tentang adanya pendaki Puncak Cartenz yang meninggal, dari tim evakuasi peruisahaan Freeport. ‘’Tim evakuasi melaporkan adanya pendaki yang meninggal di lokasi pendakian,’’ujar Kamal.

Korban meninggal dilokasi pendakian, diduga kekurangan oksigen. “Informasi yang didapatka,  korban meninggal akibat sakit karena Hipoksia/kekurangan oksigen saat perjalanan turun dari Puncak Cartensz Pyramid tanggal 08 Oktober 2017 sekitar pukul 21.00 WIT dan baru diinformasikan tanggal 06.00 WIT oleh saudara Irfan kepada saudara Kris (Enginering helicopter Asian One Air) dan Ibu Selvi (Staf Asian One Air) melalui telpon satelit untuk meminta bantuan evakuasi ke Timika,’’ungkapnya.

jasad pendaki cartenz saat dievakuasi ke Timika

 

Sedangkan dua rekan korban yang melakukan pendakian di puncak yang terkenal karena memiliki salju abadi itu, kondisinya selamat. “Dua rekan korban yang melakukan pendakian yakni Beathe Johanessen warga Norwegia dan Aris kondisinya selamat, dan merekalah yang meminta bantuan ke pihak Freeport melalui telepon satelit, untuk dilakukan evakuasi,’’tuturnya.

Masih kata Kamal, menurut infornasi ketiga pendaki ini berangkat menuju Puncak Cartenz sejak Kamis tanggal 5 Oktober lalu.  “Korban meninggal saat akan turun dari Puncak Cartenz,’’jelasnya.

Jasad korban dan dua rekaannya yang selamat sudah berhasil dievakuasi dari lokasi menuju Timika dengan helikopter. “Tadi (Selasa 10 Oktobert) tim evakuasi sudah berhasil melakukan evakuasi. Dan jasad korban hari ini juga akan segera diberangkatkan ke Jakarta, tempat asalnya,’’kata Kamal.

Sedangkan dua pendaki yang selamat, masih akan diminta keterangan oleh Polres Mimika. “Polisi masih berkoordinasi dengan pihak terkait dan akan meminta keterangan dua pendaki yang selamat,’’paparnya.

 

 

banner
Bagikan :

News Feed