oleh

Jafar Umar Thalib Masuk Papua, Polda Awasi 24 Jam

Kawattimur, Pergerakan Panglima. Laskar Jihad Jafat Umar Thalib selama berada di Papua akan di awasi oleh Polda Papua. Pasalnya, Jafar Umar Thalib yang teribat dalam konflik Ambon diduga bisa menimbulkn hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami akan lalukan pengawaaan dan pemantaun selama 24 jam dalam sehari terhadap segala aktivitas kelompok Jafaf Umar Thalib di Papua,”ujar Kapolda Papua Injen Pol Boy Rafly Amar saat menggelar pertemuan dengan seluruh pemangku kepentingan di Papua dan Tokoh maayarakar, agama di Mapolda Papua Jalan Samratulangi Jayapura Jumat 18 Mei.

Pengawasan dan pemantauan dilakukan, karena yang bersangkutan diduga memiliki potensi menimbulkan hal-hal yang tak di inginkan. “Kita ingin Papua tetap salam keadaan damai,”ucapnya.

Kata Kapolda kepolisian dalam hal ini melakukan pengawasan dan pemantauan deteksi dini terhadap kegiatan yang besangkutan, apakah ada hal-hal yang berkaitan atau mengarah kepada pelanggaran perbuatan hukum atau tidak.

 

Meski demikian, Kapolda menyatakan, sejauh ini, keberadaan JUT di Kabupaten Keerom, belum ada laporan atau pantauan yang mengarah pada pelanggaran pidana.

“Belum ada iindikasi pelanggaran pidana, jika indikasi lainnya, itu wajib di kelola. Intinya bagaimana keharmonisan masyarkaat ini harus dijaga,”kata Kaplda.

Kapolda juga meminta semua pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat Papua ikut peduli terhadap terciptanya kedamaian di Papua. “Mari kita jaga bersama kedamaian ini, kalau ada hal yang mencurigakan dilingkungan maing-maaing harus di waspadai dan silaporkan,”kata Kapolda.

Hal aenada juga dikatakan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen George Elnadus supit, bahwa menjaga keamanan Papua adalah tanggung seluruh masyarakat. “Masyarakat adalah ujung tombak dalam menjaga keamanan Papua dari pihak-pihak yang ingin menggangu keharmonisan dan kerukunan beragama yang saat ini terjalin dengan baik,”kata Pangdam.

Pangdam juga menambhkn, bahwa TNI akan membantu Polri di Papua mencegah keompok faham radikal melancarkan aksinya. “TNI siap membantu Polisi,”singkatnya.

Hari ini Jumat 18 Mei , Panglimam Laskar Jihad Jafar Ynar Thalib tiba di Jayapura. Ia kemudian menuju Kabupaten Keerom dan akan beraktivitas disana. (Brm)

banner
Bagikan :

News Feed