oleh

Pilkada Susulan Paniai, Polda Papua Klaim Aman

JAYAPURA, Polda Papua mengkliam pelakanaan  pemungutan suara pada Pilkada Bupati/wakil Bupati Paniai susulan yang berlangsung hari ini Rabu 25 Juli hingga saat ini, Selasa (24/7), berlangsung aman dan kondusif.
Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M Kamal.
“Pilkada susulan Kabupaten Paniai berjalan lancar di 23 distrik,” ujar Kamal.
Logistitik Pilkada juga tiba di semua distrik tepat waktu, sebelum pelakanaan pencoblosan. “Sekitar pukul 07.30 Wit tadi, serpras logistik KPU sudah sampai ke 23 distrik. Hingga pukul 11.00 Wit Pejabat Polda Papua tiba di Paniai dan langsung melakukan monitoring bersama Korpinda Paniai menggunakan helikopter. Situasi Kamtibmas kondusif,” ungkapnya.
Lanjut Kamal, diundurnya Pilkada Paniai pada 27 Juni lalu dikarenakan faktor keamanan dan masalah internal di KPU daerah Paniai. Sehingga pelaksanaannya disusul pada 25 Juli 2018. Sementara, penyelenggaraannya ditangani langsung oleh KPU Provinsi Papua.
Kamal menyatakan pihkanya serius dalam memback up pengamanan Pilkada di daerah ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya penggeseran personil kepolisian dari Nabire, Dogiyai dan Deiyai ke Paniai. Total keseluruhan anggota kepolisian yang dikerahkan dalam pengamanan Pilkada Paniai sebanyak 1011 personil. Sedangkan untuk status pengamanan ditingkatkan menjadi siaga satu.
“Anggota dari Nabire, Dogiyai dan Deiyai digeser ke Paniai untuk pengamaman. Semuanya ada 1011 personil. Inilah keseriusan Polda dalam pengananan pilkada Paniai,” jelasnya.
Disinggung mengenai antisipasi apabila terjadi pengerahan massa dalam pelaksanaan Pilkada Paniai ini, Kamal mengaku bahwa pihaknya telah mempersiapkannya melalui simulasi pengamanan dari Sabhara Polda Papua untuk mengatasinya, sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.
“Statusnya kita naikkan menjadi siaga satu. Mudah-mudahan tidak terjadi pengerahan massa. Kita juga sudah melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui tokoh masyarakat dan para tokoh agama,” terangnya.
Kamal menghimbau, agar seluruh lapisan masyarakat dan kedua kandidat yang bertarung dalam Pilkada Paniai tetap menjaga keamanan dan kedamaian.
Kedua pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Paniai yang bertarung kali ini yakni Hengky Kayame – Yezkiel Tenouye (nomor urut 1) dan Paslon Meki Nawipa – Octovianus Gobai (nomor urut 3).  Sesuai Pleno KPU, jumlah DPT Paniai berjumlah 100.843 pemilih, terdiri dari 53.467 laki-laki dan 47.376 perempuan. (PT)
Bagikan :

News Feed