oleh

Parlemen Papua Apresiasi BI Gelar Festival Kopi

Jayapura, Dewan Perwakilan Rakyat Papua sangat mengapresiasi dan mendukung langkah Bank Indonesia (BI) Wilayah Papua menggelar Fe3stival Kopi Papua 3-4 Agustus mendatang. Festival tersebut bisa dianggap  sebagai  salah satu bentuk kepedulian BI terhadap hasil produk pertanian Papua. Hal itu diungkapkan Anggota Komisi II Bidang Ekonomi DPRP Mustakin.

‘’Sebagai lembaga reperesentasi rakyat, DPRP sangat mendukung langkah BI menggelar Festival Kopi, dimana, sebagai ajang memperkenalkan atau mempromosikan Kopi Papua yang memiliki aroma serta kenikmatan khas,’’ujar Mustakin HR Kamis 26 Juli kepada wartawan di ruang kerjanya.

Lanjutnya, festival Kopi yang akan digelar, tentu nantinya akan memiliki nilai yang tinggi bagi salah satu hasil pertanian Papua itu dan lebih khusus kepada para petani Kopi di Papua. “Memang Kopi Papua sudah dikenal selama ini, bahkan memiliki ciri khas tertentu, namun dengan festival yang akan digelar, promosinya akan semakin gencar dan tentu ini akan menguntungkan petani kopi Papua secara ekonomi,’’ucapnya.

Menurut Mustakin, Kopi Papua memiliki ciri khas baik aroma maupun kenikmatannya dan sudah dikenal luas, terbukti dengan sudah banyak diperdagangkan di gerai Cafe Shop. “Kopi Papua juga sudah masuk di Starbuck, ini bukti Kopi Papua bisa diterima luas oleh masyarakat bukan saja Indonesia tapi juga luar,’’pungkasnya.

Mustakin mengakui, pemasaran dan pengembangan Kopi Papua selama ini terkesan lamban, jika tidak ada dukungan dari pemerintah terutama instansi terkait. “Jika tak ada support atau dukungan dari dinas terkait, masyarakat terkadang malas dalam bercocok tanam Kopi, apalagi kalau proses pemasaran setealh panen tersendat-sendat, semanagat petani Kopi kendor,’’tandas Mustakin.

Menyikapi kendala-kendala tersebut, DPRP mendorong pemerintah dalam hal ini dinas terkait untuk terus memberikan pembinaan kepada petani Kopi di Papua, agar produk kopi semakin dikenal luas. “Pemerintah harus lebih getol lagi dalam membina petani kopi, agar semangat mereka dalam bercocok tanam kopi tetap tinggi. Pembinaan juga sebagai proteksi bagi para petani kopi,’’ungkapnya.

Beberapa kopi Papua yang selama ini cukup terkenal yakni kopi jenis Arabica dari Wamena, kopi Baliem, kopi Monamani yang kesemuanya tumbuh di dataran tinggi Papua. (KaTe)

 

 

Bagikan :

News Feed