oleh

Harga Tiket Pesawat Turun, Tingkat Inflasi di Jayapura turun

Jayapura- Badan Pusat STatistik (BPS) Provinsi Papua mengungkapkan, penurunan tiket pesawat udara pada bulan Juli 2018,  menjadi salah satu peredam utama penurunan tingkat inflasi di Jayapura,  sehingga pada periode tersebut inflasinya hanya sebesar 0,04 persen.

“Pada bulan Juli 2018 di Jayapura  terjadi inflasi sebesar 0,04 persen atau terjadi kenaikan angka Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 136,86 pada Juni 2018 menjadi 136,92 pada Juli 2018,” kata Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Papua, Bambanmg Wahyu Ponco Aju, di Jayapura, Rabu 1 Agustus.

banner banner

Ia mengatakan, selain angkutan udara mengalami penurunan harga,  beberapa komoditi lain juga mengalami hal yang sama seperti mobil, bawang merah, bahan pelumas, karpet dan lain-lain.

Sedangka komoditi yang mengalami kenaikan harga antara lain, tarif pulsa ponsel, cabai rawit, tomat sayur, tomat buah, ekor kuning dan lain-lain.

Ia menjelaskan, Inflasi di Kota Jayapura tejadi karena adanya kenaikan angka indeks pada kelompok pengeluaran barang dan jasa, yaitu bahan makanan sebesar 1,12 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,16 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 1,20 persen. Kemudian kelompok sandang naik 0,28 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,52 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga 0,22 persen.

“Semenetara kelompok transportasi, komunikasi, dan komunikasi mengalami deflasi sebesar 2,86 persen,”ucapnya.

Inflasi tahun kalender di Kota Jayapura pada Juli sebesar 3,92 persen dan inflasi year on year (Juli 2018 terhadap Juli 2017) sebesar 5,66 persen. (bram)

banner banner
Bagikan :

News Feed