oleh

Polisi Tetapkan Warga PNG Tersangka Narkoba

Jayapura, –  Seorang warga negara Papua New Guninea (PNG) berinisial BAK (31) ditetapkan sebagai tersangka atas kepemilikan 2,5 kg Ganja kering yang berhasil diamankan Satgas Yonif PR 501 Kostrad, saat sweeping yang digelar pada Senin (30/7) sore di Jalan Protokol RI-PNG, Kampung Skouw Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Kapolres Jayapura Kota Ajun Komisaris Besar Polisi Gutav R. Urbinas saat merilis tersangka beserta barang bukti tersebut mengungkapkan, tersangka BAK beserta empat orang lainnya yang juga merupakan saksi, diamankan anggota TNI atas informasi dari masyarakat yang mengatakan bahwa, pelaku membawa narkotika jenis Ganja dalam jumlah banyak dari perbatasan RI-PNG menuju Kota Jayapura.

“Pelaku ditangkap oleh rekan dari TNI-AD melalui Pos Koramil Muara Tami. Dari lima orang yang diamankan dan diserahkan ke Satuan Narkoba Polres Jayapura Kota, ditetapkan satu orang asal PNG yakni BAK (31) sebagai tersangka atas kepemilikan 76 paket ganja berukuran besar, sedang dan kecil,” ungkap Gustav kepada wartawan di Mapolres Jayapura Kota, Rabu (1/8) sore.

Ia menuturkan, tersangka beserta empat orang lainnya diamankan pada Senin sekitar pukul 15.30, Wit, saat melintas dari arah Skouw menuju Kota Jayapura menggunakan  mobil Avanza dengan nomor polisi PA 1619 R yang dikemudikan oleh saksi MN (34), sopir perusahaan mobil rental yang tinggal di daerah Padang Bulan, Kota Jayapura.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Kasat Narkoba Polres Jayapura Kota, AKP MBY. Hanafi, ternyata diketahui tersangka merupakan residivis kasus yang sama. “Pelaku BAK diketahui merupakan residivis atas kasus yang sama (ganja -red), dimana pelaku baru saja bebas tahun 2017 lalu setelah menjalani hukuman empat tahun penjara di Lapas Doyo, Kabupaten Jayapura,” pungkas Gustav.

Kini pelaku bersama barang bukti 2,5 kg ganja telah diamankan di Mapolres Jayapura Kota. BAK ditersangkakan Pasal 111 Ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara. (Paul)

 

 

Bagikan :

News Feed