oleh

BNN Papua Musnahkan 17,472 gram Shabu

JAYAPURA-Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua memusnahkan 17,472 gram Shabu dengan tersangka berinisial MM alias Mul, yang tertangkap tangan di depan Bank BRI Abepura, Kota Jayapura beberapa bulan lalu dengan. Dari tangan tersangka, Tim Penindakan BNN menemukan satu paket Shabu dengan berat setengah gram saat ditangkap. Selebihnya, tim kembali menemukan Shabu dengan total berat tersebut setelah dilakukan penggeledahan di rumah tersangka.

Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Papua, Muhammad Safei AB di Kantor BNNP Papua Kamis 2 agustus 2018 mengungkapkan,  Shabu seberat 0,229 gram dari barang bukti tersebut saat ini sedang diuji di Laboratorium Forensik Polri Cabang Makassar. Sedangkan sisanya seberat 17,472 gram dimusnahkan pada tingkat penyidikan, guna mempercepat proses hukum terhadap tersangka. Kini tersangka terancam Pasal 127 ayat 1 UU No.35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan hukuman empat tahun penjara.

Sementara  itu, kata Safei, ada lima daerah rawan peredaran Shabu di Papua yakni Merauke, Timika, Asmat, Puncak Jaya dan Jayawijaya. “Melihat dilema yang ada di Papua, apalagi harga Shabu di Malaysia mengalami penurunan sehingga potensi oknum yang ingin mendatangkan Sabu ke berbagai wilayah Papua ini saya fikir cukup tinggi,” ungkapnya.

Untuk menekan potensi tersebut, pihaknya mengaku butuh dukungan dari seluruh elemen masyarakat serta pemerintah daerah. Mengingat minimnya operasional dan peralatan yang dimiliki BNNP Papua untuk mendeteksi peredaran Shabu melalui Bandar Udara dan Pelabuhan Laut.

“Tidak ada kesulitan untuk melakukan penindakan, hanya saja untuk memaksimalkanya kita butuh alat detektor khusus untuk narkotika, namun kita belum punnya. Selama ini yang ada kita gunakan alat detektor untuk logam,” jelasnya kepada Kawattimur. (PT)

Bagikan :

News Feed