oleh

Pertamina Agendakan Kenalkan Budaya Papua Kepada Siswa Nusantara

Jayapura-Manajemen PT. Pertamina (Persero) mengagendakan pengenalan budaya Papua bagi peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Provinsi Aceh yang akan menjalani program pertukaran pelajar dengan siswa Papua selama sekitar satu minggu.

Unit Manager Communication and CSR PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua, Eko Kristiawan, di Jayapura, Kamis, menyebut penganalan budaya tersebut lebih ke arah pembuatan kerajinan tangan khas Papua.

“Peserta SMN dari Aceh akan kami bawa melihat pembuatan lukisan kulit kayu di Kampung Asei, Kabupaten Jayapura dan pembuatan batik di Kota Jayapura,” ujarnya.

Menurut dia bila memungkinkan, Pertamina juga berencana membawa mereka ke Kabupaten Jayawijaya juntuk menyaksikan langsung penyelenggaraan Festival Lembah Baliem dan mempelajari kebudayaan setempat.

Eko menambahkan, untuk lebih mengenal budaya Papua dalam waktu yang cukup singkat, rencananya peserta SMN dari Aceh akan diinapkan di rumah warga.

Kegiatan lain yang mereka akan lakukan selama di Papua antara lain, bersih-bersih pantai, mengunjungi TBBM Jayapura, mengikuti pendidikan singkat di Rindam XVII Cendrawasih, dan lainnya.

Dari seluruh Indonesia, peserta SMN 2018 ditargetkan mencapai 852 siswa yang didalamnya juga termasuk siswa penyandang disabilitas.

“Jumlah siswa dari Papua disesuaikan dengan jumlah kabupaten/kota yaitu 29 orang ditambah 3 siswa difabel. Sedangkan dari Aceh 23 siswa dari 23 kabupaten/kota dan juga ditambah 3 siswa difabel,” kata Eko.

Dia berharap melalui SMN para siswa bisa memiliki rasa bangga terhadap kekayaan budaya Indonesia karena mereka akan dibawa berinteraksi langsung dengan komponen pemerintah daerah dan masyarakat di provinsi yang mereka datangi. (Silmn)

Bagikan :

News Feed