oleh

Walikota Apresiasi Kinerja Wartawan

Jayapura-Walikota jayapura Dr. Benhur Tomi Mano apresiasi kinerja para jurnalis Papua dalam menyajikan berita akurat dan berimbang yang dipublikasikan kepada masyarakat. Hal ini ia ungkapkan saat membuka kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang berlangsung di Grand Abe Hotel, Kota Jayapura, Jumat (3/8) pagi.

“Pekerjaan wartawan sungguh berat dengan tanggungjawab diujung penahnya. Ketekunan dalam peliputan membuatnya semakin tajam dan berimbang. Saya banyak terbantu ketika ada kejadian pembakaran kitab suci di Abepura. Berkat kerja para rekan-rekan wartawan, peristiwa itu terselesaikan,” ungkap Tomi sembari mengucapkan terimakasihnya.

Benhur menuturkan, kedepan pihaknya akan membuat kerja sama dengan menempatkan wartawan yang berkompeten dan profesional di berbagai instansi pemerintahan yang ada di Kota Jayapura, guna meningkatkan kinerja dan transparansi pelayanan bagi masyarakat.

Kepada perusahaan pers, Tomi mengharapkan agar wartawan yang teruji dan memiliki kompetensi khusus ditempatkan di Kantor Walikota Jayapura.

“Saya fikir ini perlu diterapkan di kantor berbagai dinas serta ruangan saya. Yang bisa meliput di Kota Jayapura adalah wartawan yang berkompeten. Kita harapkan rekan-rekan insan pers agar menjadi wartawan yang profesional,” pungkasnya.

Pihaknya menegaskan semua wartawan di kota jayapura dan keseluruhannya di papua harus benar-benar wartawan yang berkompeten juga berkualitas dalam menulis berita yang akurat dan terpercaya .

Wikota yang biasa disapa BTM ini pun berharap, seluruh jurnalis yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan ini harus betul-betul menyajikan informasi yang akurat dan berimbang, serta tidak melakukan praktek plagiat (menjiplak -red) atas berita yang dipublikasikan oleh media lain.

Ketua panitia penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan 2018, Nunung Kusmianty mengatakan, pelaksanaan UKW ini diselenggarakam mengingat masih banyaknya wartawan di Papua yang belum mengikuti ujian kompetensi sesuai ketentuan Dewan Pers Pusat.

“Uji Kompetensi Wartawan ini diselenggarakan untuk membantu teman-teman wartawan yang ada di Papua agar memiliki kompetensi yang sah dari Dewan Pers. Mengingat, jabatan Pimpinan Redaksi sampai wartawan di dalam sebuah perusahaan media ditentukan berdasarkan keiutsertaaannya dalam UKW sesuai jenjang jabatannya. Hal ini diterapkan diseluruh wilayah Indonesia,” tegas Nunung.

Diketahui, sebanyak 48 peserta UKW sedang mengikuti ujian kompetensi selama dua hari yakni tangal 3 – 4 Agustus 2018. Diantaranya, jenjang Wartawan Utama 1 kelompok, Madya 2 kelas, Muda 5 kelas.

Panitia berharap, melalui UKW ini perusahaan pers mempekerjakan
wartawan yang berkompeten dan harus memiliki sertifikat uji kompetensi yang dikeluarkan Dewan Pers. Tujuannya agar pers di Papua tumbuh berkembang dengan profesionalitas dan mendorong iklim yang sehat bagi pers. (PT)

Bagikan :

News Feed