oleh

Kapolda Hadiri Pembukaan Festival Humboldt ke X

Jayapura – Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafly Amar menghadiri pembukaan Festival Teluk Humboldt ke X di Jembatan Ringrod Entrop Jayapura, Minggu 5 Agustus.

Hadir dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Mentri pariwisata RI, PLT gubernur provinsi Papua Mayjend TNI purn Soedarmo, Ketua Bhayangkara daerah Papua Ny. Ira Boy Rafli Amar, perwakilan TNI AD, AU, dan AL, ketua barisan merah putih bapak Ramses Ohee, walikota Jayapura, kepala bank Indonesia perwakilan Papua, pimpinan BUMN / BUMD, Forkompinda provinsi Papua dan kota Jayapura beserta masyarakat kota Jayapura.

Kegiatan di awali dengan tari tarian adat tradisional Papua, doa yang di bawa oleh Pdt. Soleman Marei, laporan ketua panitia pelaksana, setelah itu Sambutan dari LMA port Numbay George Awi yang menyampaikan Saya mengucapkan selamat atas terlaksananya festival teluk Humboldt yang ke 10 ini. Kegiatan ini sangat luar biasa Karena di dukung oleh Mentri pariwisata.

Kegiatan ini sangat luar biasa Karena di lakukan di tempat yaitu ring road, perlu saya sampaikan bahwa ring road ini sudah 7 tahun di kerjakan tapi Sampai sekarang kenapa belum di selesaikan. Mohon pak gubernur tolong atensi ini, mudah mudahan secepatnya dapat terselesaikan.

Kegiatan ini juga sangat luar biasa, Karena kegiatan festival teluk Humboldt ini di laksanakan pada bulan Agustus, kita ketahui bersama bahwa bulan Agustus ini, merupakan bulan yang berbahagia buat republik Indonesia karena akan bertambah usianya, mudah mudahan dengan semangat proklamasi pada bulan Agustus ini, kira makin cinta dengan tanah air.

Ke depannya untuk pak walikota bila melaksanakan kegiatan festival ini kembali, agar ketika kita sebagai tamu masuk ke pintu depan ini, sudah di jamu dengan makan pinang, itu bertanda bahwa kita di kota Jayapura ini di kenal dengan budaya pinang. Kepada masyarakat port Numbay, mari kita nikmati kegiatan ini, Karen kegiatan ini merupakan saran untuk kita mengenalkan adat serta budaya kita kepada semua masyarakat.

Sambutan bapak walikota Jayapura bapak Tomy Mano Mengatakan Puji dan syukur marilah kita naikan kpd Tuhan YME, Karena yang menjadikan indah pada waktunya. Kepada bapak gubernur perlu di ketahui bahwa jalan ini tembus ke jalan boulivard, yang mana orang Papua sering mengatakan bahwa tekuk di dalam teluk. Jayapura juga perbatasan langsung dengan PNG.

Kita tahu bahwa kota Jayapura merupakan ibu kota provinsi Papua, kita tahu juga bahwa banyak sekali suku dan adat istiadat yang berada di kota Jayapura. Untuk itu saya Selaku walikota Jayapura mempunyai misi dan visi yaitu mempertahankan adat dan istiadat serta budaya masyarakat Papua.
Rencananya jembatan ini akan di resmikan langsung boleh bapak presiden RI, pada bulan Desember, untuk itu kami meminta kepada bapak gubernur pemerintah provinsi perlu untuk turut membantu sehingga pelaksanaan jembatan ini dapat berjalan dengan baik dan pada bulan Desember dapat di resmikan oleh bapak presiden RI.

Terimakasih kepada seluruh panitia dan masyarakat yang telah turut bersama sama membantu sehingga pelaksanaan acara ini dapat berjalan dengan baik, saya mengajak kepada masyarakat kota Jayapura mari bersama-sama untuk meramaikan acara ini dari tanggal 5, 6 dan 7 Agustus.

Sambutan perwakilan kementerian pariwisata RI bapak Sukardi SE.MM yang menyampaikan Kegiatan festival teluk Humboldt ini merupakan ajang promosi wisata, sesuai dengan nawacita presiden RI, Karena sektor pariwisata adalah penyumbang ekonomi pemerintah pada sektor pariwisata dan masih banyak sekali dampak yang positif terhadap kegiatan festival teluk Humboldt ini.

Bapak Mentri pariwisata RI ingin mendongkrak pariwisata republik Indonesia ini sehingga terkenal hingga mancanegara, untuk itu di kementrian pariwisata ada bagian yang mengurusi bagian festival yaitu deputi yang ada di dalam kementrian pariwisata. Banyak sekali tempat tempat yang indah di wilayah provinsi Papua ini, mulai dari gunung gunungnya, tempat wisatanya seperti pantai dll, yang lebih terkenal adalah pembuatan noken dll. Inilah yang dapat membantu untuk meningkatkan ekonomi daerah.

Kementrian pariwisata menargetkan sebanyak 17 juta wisman pada tahun 2018 dan kami memiliki target di tahun 2019 sebanyak 20 juta wisman, Pada bulan Agustus ini, ada beberapa festival yang akan di lakukan di provinsi Papua ini, di antaranya akan di lakukan festival lembah Baliem dll, ini menandakan bahwa sangat seriusnya Mentri pariwisata untk keindahan Papua. Semoga festival teluk Humboldt ini dapat Menjadi ajang sarana promosi pariwisata dan dapat mendongkrak 17 juta wisatawan manca negara.

Sambutan PLT gubernur provinsi Papua Mayjend TNI purn Soedarmo mengatakan Marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME, Karena pada hari ini kira bisa hadir pada acara festival teluk Humboldt yang ke X tahun 2018. Jalan ring road inilah jalan yang paling lama pembangunan nya, Karena sudah 7 tahun, tapi kita pasti akan melanjutkan pekerjaan ini, sehingga pada tahun 2019, dapat terselesaikan sehingga dapat di gunakan dengan baik oleh masyarakat kota Jayapura.

Saya apresiasi terhadap walikota Jayapura bapak Benhur Tommy Mano Karena nilai nilai budaya yang ada di kota Jayapura ini dapat di lestarikan dan di jalankan dengan baik. Dengan melestarikan budaya budaya yang ada di wilayah tersebut maka pasti daerah tersebut akan maju, seperti negara Jepang, korea, mereka bisa maju Karena budaya mereka lestarikan dengan baik. Oleh karenanya terus ini dapat di lakukan. Sehingga dapat memajukan daerah ini.

Terimakasih kepada bapak walikota Karena telah menjalankan instruksi pejabat sementara gubernur provinsi Papua yaitu selalu melestarikan makan khas wilayah kota Jayapura pada pelaksanaan even even daerah. Kegiatan ini sejalan dengan kegiatan pemerintahan pusat, tadi pagi pemerintah pusat yang di pimpin langsung oleh bapak presiden RI telah melaksanakan harmoni Indonesia. Ini sejalan dengan apa yang di lakukan oleh pemerintah daerah kota Jayapura.

Hal ini dengan maksud yaitu mempersatukan masyarakat Indonesia, Karena baru baru ini kita telah melakukan Pilkada serentak di mana dalam pelaksanaan pilkada itu terdaoat perbedaan perbedaan ubtj itulah di lakukan harmonisasi Indonesia, untuk memberikan rasa harmonis masyarakat Indonesia, Karena kita pada bulan ini akan merayakan HUT proklamasi kemerdekaan republik Indonesia dan juga pada bulan ini pemerintah RI telah di percaya oleh dunia untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Asean games. Mari kita bersama-sama turut mensukseskan acara ini.

Tujuan Kegiatan festival teluk Humboldt ini adalah sebagi ajang mempromosikan budaya, serta mempromosikan pariwisata kita untuk menarik turis mancanegara, Kegiatan ini, tidak mudah di lakukan seperti membalikkan tangan kita, perlu duduk bersama satukan sinergitasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kota sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

Kita lihat negara negara kecil tetangga kita seperti Thailand, Singapura, mereka hampir setiap tahunnya dapat mendatangkan wisatawan sebnayk 20 juta per lokasi. Inilah yang kita harapkan kedepannya yang terpenting adalah sinergitas antara steakholder terkait dan pemikiran pemikiran yang terbaik di antara steakholder terkait. (Bram)

Bagikan :

News Feed