oleh

Harga Harga Emas di Jayapura Turun Rp20 Ribu Per Gram

Jayapura–Menguat atau melemahnya nilai tukar mata uang Dollar ($) terhadap mata uang Rupiah (Rp) membuat harga emas di Kota Jayapura juga selalu mengalami fluktuasi harga. Hal itu juga membuat saat ini, harga emas seang turun Rp20 ribu/gramnya (Rp580/gram), setelah sebelumnya sempat berada di Rp600 ribu/gram.
Hal tersebut diungkapkan oleh Rendy, pemilik toko emas Anugerah di Kota Jayapura, saat ditemui wartawan, Rabu (8/8). Rendy mengatakan, harga tersebut, sudah mulai turun sejak dua pekan terakhir ini. Terkait penurunan harga emas tersebut, disebabkan karena mulai menguatnya nilai tukar (Rp) terhadap mata uang ($).
“Penurunan harga emas ini, kemungkinan besar disebabkan karena pasaran harga emas dunia yang juga ikut turun, sehingga mengakibatkan harga emas di Kota Jayapura ini secara khusus juga ikut turun, setelah sebelumnya sempat berada pada posisi Rp600 ribu/gram, kini sudah turun menjadi Rp580 ribu/gram. Turunnya harga emas ini juga, tidak terlalu mempengaruhi penjualan dan pembelian emas itu sendiri,” ungkap Rendy.
Rendy mengatakan,meski turun, akan tetapi minat masyarakat untuk membeli dan menjual kembali emas miliknya di perkirakan masih akan tetap stabil. Hal itu, dibuktikan seiring dengan permintaan dan penjualannya yang belum juga menunjukkan pertumbuhan positif.
“Sejauh ini, masyarakat yang melakukan aktivitas pembelian dan menjual kembali emasnya, dalam satu hari kita hanya melayani 3 hingga 4 orang saja, hal yang sama juga untuk pencucian emas. Harga emas yang turun ini, tidak menjadi satu patokan untuk permintaanya yang ikut meningkat,” jelas Rendy.
Disinggung dengan model emas yang biasa di cari masyarakat, Rendy mengungkapkan, model yang paling banyak diminati itu adalah cincin dengan motif cenderawasih dan kalung dengan motif khas Asmat dan model Honai (model terbaru).
“Masyarakat biasanya kalau membeli emas, akan melakukan pemesanan model dulu, ketimbang membeli dengan model yang sudah jadi. Alasannya, kadang emas yang sudah jadi itu, tidak sesuai dengan apa yang di inginkan oleh si konsumen itu sendiri. Jadi beberapa emas yang kita pajang ini, hanya sebagai model dan contoh di etalase saja,” kata Rendy. (gri)

Bagikan :

News Feed