oleh

Polresta Jayapura Menuju Zona Integritas Bebas Korupsi

Jayapura-Kepala Kepolisian Resort Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas tengah mencanangkan Zona Integritas menuju Polresta Jayapura Wilayah Bebas Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Pencanangan ini, kata mantan Kapolres Jayapura ini, bentuk komitmen pihaknya beserta seluruh Polsek jajaran dalam melayani masyarakat dengan tulus tanpa ada pungutan liar maupun suap. Ia pun mengaku optimis, seluruh personilnya telah siap meninggalkan bentuk pelayanan buruk dimasa lalu.

Gustav menuturkan pencanangan komitmen Polresta Jayapura menuju Zona Integritas akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. “Kenapa baru sekarang ? karena kami menjabat enam bulan. Selama enam bulan inilah saya berusaha merubah mindset dan cultur kesatuan, aritnya yang dulu tidak bagus, sekarang sudah bersih dari suap dan lainnya,” katanya.

Ia mengharapkan adanya dukungan dari masyarakat Kota Jayapura dalam mewujudkan Polresta Jayapura yang bebas Korupsi serta Birokrasi Bersih dan Melayani. Misalnya, sambung Gutav, dengan melaporkan kepihaknya apabila melihat pelayanan kepolisian yang tidak sesuai ketentuan.

“Kalau ada pelayanan Polres Jayapura Kota yang tidak sesuai ketentuan mengenai pungutan resmi, dan lainnya. Pemerasan atau suap, silahkan laporkan,” terang Gustav.

Saat ini, kata Gustav, pihaknya juga telah membentuk Unit Pemberantasan Pungutan Liar atau Saber Pungli. Ia pun meminta kepada masyarakat agar tidak takut untuk melaporkan segala bentuk praktek pungli yang terjadi baik di jajaran Pemerintah Daerah maupun di lingkungan Kepolisian.

“Unit Pemberantasan Saber Pungli Kota Jayapura ada di Polres Jayapura Kota. Jadi siapapun dia, baik dari ASN, masyarakat umum, atau polisi sekalipun, jangan sungkan untuk melaporkan, karena untuk pelanggaran pidana yang masuk dalam kategori pungli suap korupsi dapat diproses hukum,” tegasnya. (al)

Bagikan :

News Feed