oleh

Tujuh Bulan, 15 WNA Penyeludup Ganja ke Jayapura Ditangkap 

Jayapura, – Sebanyak 15 orang warga Negara asing asal Papua New Guinea (PNG) berhasil ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Jayapura Kota, terhitung Januari hingga Juli 2018, lantaran terlibat peredaran narkotika jenis ganja di wilayah Kota Jayapura, melalui jalur tikus perbatasan negara dan perairan laut. Hal ini diungkapkan Kasat Reserse Narkoba Polres Jayapura Kota, AKP MBY. Hanafi ketika dihubungi Kawattimur dari Kota Jayapura, Rabu 8 Agustus siang.

Hanafi menuturkan,  ke 15 WNA asal PNG tersebut merupakan tersangka atas 12 kasus tindak penyalahgunaan narkotika. Saat ini ada empat kasus dengan 5 orang tersangka yang telah dilimpahkan ke jaksa penuntut umum (JPU) Pengadilan Negeri Jayapura.

“Untuk 12 kasus ini, yang sudah tahap P21 ada 4 kasus, sementara  3 kasus baru tahap 1, sedangkan sisanya masih dalam sidik oleh penyidik Sat Narkoba Polres Jayapura Kota,” terangnya.

Dirinya mengatakan dari 12 kasus narkotika dengan 15 orang tersangka, pihaknya berhasil menyita barang bukti narkoba jenis ganja sebanyak 17,8 Kg. “Ganja ini rata-rata masuk dari PNG melalui jalur darat dan modus para pelaku bermacam-macam, ada yang pelaku yang membawa ganja karena sudah dipesan atau dibarter, dan ada juga yang baru mau mecoba peruntungan,” jelasnya.

Ayah dua orang anak ini pun menambahkan, pihaknya dengan cara tak segan-segan akan menindak tegas para pelaku pengedar narkoba, apalagi merupakan warga Negara asing yang hendak menyeludupkan ganja ke Kota Jayapura hingga mengakibatkan rusakya generasi muda Papua. Para tersangka pun kebanyakan dikenakan Pasal 111 UU No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman minimal 4 tahun pejara dan maksimal 12 tahun. “Kami akan tindak tegas sesuai degan instruksi yang pernah di sampaikan Pimpinan Kami,” tegasnya. PT)

Bagikan :

News Feed