oleh

Pesawat Hilang Kontak, TNI Lakukan Pencarian

Jayapura, Pesawat Dimonim Air hilang kontak saat terbang dari Tanah Merah Bovendigul menuju Oksibil Pegunungan Bintang Sabtu 11 Agustus. Pesawat diperkirakan hilang kontak di wilayah Oksibil. TNI langsung melakukan pencarian.

Juru Bicara Kodam XVII Cenderawasih Kolone M Aidi mengatakan, pihak sudah menerima informasi dari Airnav terkait pesawat Demonim Air PK-HVQ Jenis PAC dari Tanah Merah (Boven Digoel) menuju Oksibil Pegunungan Bintang hilang kontak.

“Anggota TNI Pos Oksibil memperoleh informasi  dari pihak Airnav terkait pesawat Demonim Air yang mengalami Lost Contact. Berdasarkan informasi dari pihak Airnav pesawat Lost Contact sekitar pukul 14.17 WIT dan seharusnya mendarat di Oksibil Kab.  Pegunungan Bintang pukul 14.20 WIT,”ungkapnya.

Anggota TNI Pos Oksibil mendapat informasi dari masyarakat an Leo Kakayarmabin melalui HP bahwa ada pesawat yang melintas di Gunung Menuk Kampung Okatem Distrik Oksibil kemudian tidak berapa lama mendengar suara gemuruh.

“ Sementara informasi yang diterima dari Kasat Intel Pegubin setelah berkoordinasi dengan Kasat Intel Boven Digoel terdapat 9 orang penumpang di dalam pesawat,”ucapnya.

Saat ini pihak Kodim 1711/Boven Digul, Polres Peg. Bintang , Pemkab. Boven Digul serta pihak Airnav terus  melakukan koordinasi dengan instansi terkait lainnya khususnya Basarnas untuk melakukan upaya pencarian. “Kodim 1711/Boven Digul telah mengerahkan personelnya untuk mendekat ke lokasi yang diduga sebagai area jatuhnya pesawat sambil terus melaporkan setiap perkembangan situasi kepada komando atas,”terangnya.

Ia menyampaikan, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George E. Supit, telah memerintahkan satuan TNI kewilayahan untuk membentuk tim SAR dan bekerjasama dengan instansi terkait lainnya untuk segera mencari keberadaan pesawat Demonim Air tersebut. Bantuan tenaga SAR dan heli TNI – AD akan segera disiagakan untuk mendukung pencarian pesawat dan korban.

“Kodam XVII/Cenderawasih akan bekerja keras membantu pencarian pesawat dan korban dengan  harapan pesawat Demonim Air dapat segera ditemukan. Diharapkan bagi masyarakat yang mempunyai informasi tentang kemungkinan lokasi jatuhnya pesawat dapat melaporkan kepada aparat TNI setempat,” tukasnya.

Berikut data manifest penumpang  :

1. Kapten Lessie (Pilot).
2. Bintang (Co-Pilot).
3. Sudir Zakana.
4. Martina Uropmabin.
5. Hendrikus Kamiw.
6. Lidia Kamiw.
7. Jumaludin.
8. Naimus.
9. Jumaidi (anak-anak).

Bagikan :

News Feed