oleh

Bela Hak Dasar OAP, DPR Papua Bentuk Pansus

JAYAPURA,- Menindaklanjuti aspirasi para demonstran yang memperingati hari Pribumi sedunia beberapa waktu lalu, yang menuntut adanya perhatian khusus kepada setiap pemilik hak ulayat, DPR Papua membentuk Pansus.

Pembentukan pansus disepakati dalam rapat Bamus yang digelar, Senin (13/8) kemarin, dengan tujuan agar adanya suatu peraturan daerah maupun regulasi yang dibuat khususnya dalam membela hak-hak dasar orang asli Papua,

Wakil Ketua II DPR Papua, Fernando Tinal mengungkapkan, Pansus yang akan dibentuk DPR Papua ini tidak hanya akan membahas masalah Freeport tapi semua investasi di Papua di antaranya pertambangan, pertumbuhan ekonomi, perikanan dan kehutanan khususnya loging.

Kata Tinal, Pansus yang dibentuk ini akan bekerja dalam waktu dekat untuk melakukan pendalaman terhadap apa saja yang menjadi keluhan masyarakat atau aspirasi yang disampaikan. Sifatnya bukan hanya umum, tetapi lebih spesifik pada bidang ekonomi yang ada di tanah Papua.

“Jadi Pansus ini tentunya akan bekerja sesuai dengan tenggang waktu yang sudah ada, paling tidak tiga sampai empat bulan kedepan, atau sampai masa tahun ini berakhir,” ujarnya.

Tinal pun menjelaskan Pansus yang dibentuk akan dibagi dalam beberapa tim yaitu tim yang akan fokus pada dibidang pertumbuhan ekonomi, dibidang perpajakan dan spesifik didalam peraturan dan perundang undangan yang mengatur tentang hak hak masyarakat asli atau masyarakat pribumi.

Lanjut dia, setelah masa kerja Pansus berakhir maka,semua akan dievaluasi bersama. Namun sebelum itu juga akan dilakukan sebuah lokakarya, dimana akan dikumpulkan semua pemangku kepentingan baik dari pihak adat maupun pihak LSM, juga pihak pemerintah akan dilibatkan

“Ini supaya ada sebuah keputusan yang konferhensip, tapi juga supaya bisa melihat ini dengan jelas dari segala sudut pandang karena pasti ada satu sisi dari sisi lain dari memandang permasalahan tapi bagaimana caranya supaya kita mendapatkan suatu gambaran yang full, sehingga ketika membuat keputusan ada keputusan keputusan yang konfrenship yang mengakomodir semuanya,” tukasnya. (Reza)

Bagikan :

News Feed