oleh

17 Dentuman Meriam Tandai HUT Proklamasi RI Ke 73 di Papua

Jayapura-Kawattimur, Detik – dektik pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 RI tingkat Provinsi Papua ditandai dengan bunyi dentuman meriam sebanyak 17 kali dan sirine di Stadioan Mandala, Kota Jayapura, Jumat (178/2018).

Penjabat Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo bertindak Inspektur Upacara pada peringatan HUT kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia dan Komandan Upacara AKBP Yamin Dian Priyono, Wadir Binmas Polda Papua.
Pembacaan Naskah Proklamasi Wakil Ketua I DPR Papua, Edoardus Kaize sedangkan pembaca teks UUD 1945 oleh Ketua KNPI Max Olua.

Pembawa baki duplikat sang saka merah putih, Sionvhory Shvidarvy Sroyer siswi SMU Negeri 3 Kota Jayapura.
Sementara petugas pengerek dan pengibar bendera diberikan kepercayaan kepada Barnabas Yulens Pilocalus Serarawani siswa SMU Negeri 5 Jayapura Agustinus Aser Rumbiak Siswa YPK Biak Kota dan Rizki Saputra Tuharea SMA Negeri Sentani.
Peserta upacara terdiri dari 1 tim korps musik TNI di pimpin Lettu Hendrik Dakdakur, Wadansatsik Kodam
XVII/Cenderawasih, Batalyon gabungan Pamen, Pama, Wan TNI/Polri, Kompi gabungan Pomad XVII/Cenderawasih, Pomal X Jayapura, POM AU Jayapura dan Propam Polda Papua.

Batalyon Parade I dari anggota Yonif – RK 751/VSJ Kodam XVII/Cenderawasih, Batalyon Parade II gabungan TNI AD, AL dan AU Kodam XVII/Cenderawasih, Brimob dan Dalmas Polda Papua.
Batalyon parade III, gabungan PNS TNI-AD, PNS TNI-AL, PNS TNI-AU dan PNS Polda Papua. Batalyon IV satpol PP, SKPD di lingkungan pemerintah Provinsi Papua dan gabungan Ormas, LSM dan akademi keperawatan Marthen Indey Jayapura. Batalyon Parade V dari siswa/siswi SMA/SMK/SMP seluruh kota Jayapura.

Salah satu barisan dari peserta upacara menggunakan pakaian adat asli Papua koteka dan bertelanjang dada.
Hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Kepala SKPD di Lingkungan Pemprov Papua, Wakil Gubernur terpilih Klemen Tinal, SE MM dan masarakat umum serta pelajar tingkat SMU-SMP.

Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo kepada wartawan usai upacara mengatakan, peringatan HUT RI untuk mengenang jasa para pahlawan yang bisa merebut kemerdekaan dari para penjajah 73 tahun lalu.

“Saya ingin generasi muda Papua bisa mengisi perjuangan dengan hal yang positif, banyak belajar ikuti aturan, laksanakan lanjutkan perjuangan dalam pembangunan,” kata Penjabat Gubernur Papua, Seodarmo.
Menurut Soedarmo, Papua sudah lebih maju dari pada tahun sebelumnya terutama pembangunan dalam mengisi kemerdekaan indonesia. “Semua aspek harus dibenahi dan terus di tingkatkan,” ujarnya.
Peringatan hari proklamasi diisi dengan berbagai pertunjukan seperti penampilan polisi cilik, bela diri, pertunjukan pemecahan batu bata sebanyak 200 batang yang masuk dalam rekor muri serta berbagai kegiatan lain. (bm)

Bagikan :

News Feed