oleh

Mayat Janin Bayi Ditemukan di Taman Jokowi

Jayapura, Kawattimur,- Polres Jayapura Kota, melakukan otopsi terhadap janin bayi yang ditemukan dalam toilet umum di taman Jokowi Jalan Megapura Skyline Distirk  Jayapura Selatan, Minggu 19 Agusutus 2018.

Informasi yang dihimpun Kawat Timur di  Polres Jayapura Kota menyebutkan, mayat  janin yang diketahui berjenis kelamin laki-laki tersebut ditemukan pada Sabtu 18 Agustus 2018, dalam sebuah tolilet umum  du taman Jokowi  jalan Megapura Skyilne Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Poroses Outopsi dilakukan oleh Dokter Forensik Rumah Sakit  Bhayangkara Polda Papua . dr.Jimmy  V. J. Sembay , Sp.F ,  yang  disaksikan juga  oleh Penyidik Pembantu Unit Reskrim Polsek Jayapura Selatan.

Dari hasil pemeriksaan luar oleh dokter diketahui, Janin masih terbungkus dengan selaput ketuban,Tali pusar janin masih terhubung dengan jaringan Plasenta,Placenta lengkap, Janin berusia 5 bulan , Jenis kelamin Laki – laki,  Kedua telinga sudah berbentuk, ke empat anggota gerak sudah terbentuk (Tangan & Kaki),Rambut dikepala sudah tumbuh tipis, hidung mancung.

Kedua kelopak mata masih tertutup rapat, Permukaan tubuh berwarna merah,Panjang Badan 29 Cm,Lingkar Kepala 18,5 Cm,Panjang Kepala Tungging 19 Cm, Lingkar Lengan Atas 7,5 Cm.

Sementara dari hasil pemeriksaan  dalam diketahui, lemak dibawah kulit berwarna putih kekuningan (Dada & Perut),dalam rongga perut terdapat cairan encer jernih kekuningan, ada organ – organ didalam perut, Organ – organ dalam rongga dada sudah terbentuk, sebat rongga badan sisi kanan setinggi iga 2, Sebat rongga badan sisi kiri setinggi iga 3,tulang dada & iga utuh, paru – paru warna merah Homogen.

Untuk hasil pemeriksaan kepala, jaringan otak berwarna putih, tulang tengkorak utuh, pada kulit kepala bagian dalam daerah pelipis kiri tampak resapan darah seluas 4 Cm x 3 Cm, tidak ditemukan pendarahan diatas maupun dibawah selaput keras otak serta penampang otak yang lebih dalam.

Dari hasil pemeriksaan tersebut dokter berkesimpulan,pada permukaan tubuh luar tidak terdapat luka/tidak terdapat tanda – tanda kekerasan, organ dalam tubuh lengkap & tidak ditemukan tanda – tanda kekerasan,tulang tengkorak utuh & tidak ditemukan tanda – tanda kekerasan.

Ditemukan resapan darah luas pada pelipis kiri yang diakibatkan oleh kekerasan tumpul, diduga akibat pada saat tindakan mengeluarkan Janin, tindakan mengeluarkan janin membuat kematian pada Janin

“Dokter belum bisa memastikan apakah Janin dikeluarkan dengan cara sang ibu mengkonsumsi obat tertentu & untuk membuktikan itu harus dilakukan pemeriksaan,uji lab terhadap darah sang ibu, oleh dokter tulang paha kiri dari Janin disimpan di RS Bhayangkara, guna kedepan dapat digunakan sebagai sampel pemeriksaan DNA antara Janin dengan sang ibu,” ungkap Kasubag Humas Polres Jayapura Kota, Iptu Jahja Rumra saat dikonfirmasi, Minggu 19 Agustus 2018.

Penyidik masih menunggu hasil resmi ,surat Hasil Outopsi dari pihak RS Bhayangkara, penyidik dan pihak RS Bhayangkara kedepan akan melakukan kordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini pihak Dinas Sosial Kota Jayapura guna proses pemakaman Janin. (al)

Bagikan :

News Feed