oleh

Tahapan Tes Kesehatan Atlet Persiapan PON 2020 Sudah Berakhir

JAYAPURA Kawattimur,- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, melalui Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres), telah melakukan tahapan tes kesehatan terakhir bagi cabang olahraga dan atlet yang akan di siapkan menuju PON ke- XX Tahun  2020.

Anggota Binpres KONI Papua Benny Maniani mengatakan, tes kesehatan tahap awal  sudah kita lakukan di Klinik Cito Argapura, dengan jumlah atlet 485 orang. Sementara tes kedua dengan jumlah atlet sebanyak 273 orang yang di lakukan di Laboratorium Daerah (Labkesda) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Dok II Jayapura.

Total atlet yang sudah menjalani tes kesehatan baik tahap awal dan tahap kedua yakni 750 atlet, 48 atlet di antaranya terkendala kesehatan dan masih menunggu hasil tim dokter Labkesda.

“Hasil tes itu akan ditangani langsung oleh tim dokter yang akan bergabung bersama KONI Papua menangani kontingen sampai PON 2020 nanti. Untuk tes tahap  kedua sudah kita lakukan dan  kita sudah close/tutup,” ujar Benny Maniani 23 Agustus 2018.

Sementara itu dirinya menambahkan tes akan di lanjutkan di tiga Kabupaten, yakni Biak Numfor, Merauke dan Mimika.

“Tim akan berangkat ke sana untuk tes kesehatan dan sekaligus tes fisiknya disana. Tim yang akan berangkat ke sana akan diatur oleh Sekertaris dan Binpres,” bilangnya.

Benny juga katakan kami sudah himbau kepada cabor-cabor sampai saat ini sudah kita panggil tetapi tidak pernah mau datang.

“Taekwondo cabor bela diri, cabor permainan seperti Basket,  Sepakbola, Futsal yang datanya belum masuk, kami akan memberikan waktu kepada mereka,” jelasnya.

Sistem yang sudah diterapkan juga, cabor mana yang sudah selesai menjalani tes kesehatan cabor itu sudah bisa menjalankan program TC berjalan.

“Jadi kami tidak menunggu semua klop atau selesai baru jalan. Tapi cabor mana yang sudah tes kesehatan dan tes fisik langsung kita ketemu dengan Pengprov serahkan dana pembinaan langsung TC berjalan, jadi seperti itu,” tuturnya

Kita coba memberikan kepercayaan kepada Pengprov untuk mereka ikut terlibat dalam mempersiapkan atletnya untuk kontingen Papua.

“Bila mana biaya kita sudah ada maka atlet-atlet yang sementara TC berjalan di bawah kendali KONI dalam hal ini Binpres. Tapi nanti setelah biaya kita sudah ada.  Pusat Latihan Provinsi (Puslatprov), akan mengambil alih TC terpusat akan diambil alih oleh Puslatprov,” tutupnya. (get).

Bagikan :

News Feed