oleh

Tingkatkan Sistem Kelistrikan, Rini Resmikan Tiga Infrastruktur Kelistrikan

JAYAPURA, Kawattimur – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno dalam kunjungan kerjanya untuk kesekian kali ke Kota Jayapura, kembali meresmikan tiga infrastruktur kelistrikan. Pengoperasian tiga infrastruktur kelistrikan itu akan memperkuat sistem kelistrikan Papua sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi daerah khususnya di Kota Jayapura.

Adapun ketiga infrastruktur tersebut merupakan sistem 150 kV pertama di Papua yang terdiri dari Gardu Induk (GI) 150 kV di Jayapura, GI 150 kV Holtekamp dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Holtekamp-Jayapura milik PT PLN (Persero). Ketiga infrastruktur kelistrikan itu akan menyalurkan listrik yang dihasilkan pembangkit sehingga semakin banyak warga yang bisa menikmati listrik dan pada akhirnya bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap keberadaan gardu induk dan SUTT 150 KV ini bisa meningkatkan rasio elektrifikasi Papua dan nasional. Saat ini rasio elektrifikasi Papua dan Papua Barat tercatat di level 53,62 persen dan merupakan provinsi dengan rasio elektrifikasi terendah se Indonesia. Keberadaan infrastruktur ini sangat penting bagi penyaluran listrik di wilayah ini, jadi pemerintah tentu sangat mendukung dan mengapresiasi upaya yang telah dilakukan PLN. Sebagai BUMN yang bertanggung jawab bagi kelistrikan di Tanah Air, Saya akan terus mendorong agar PLN terus meningkatkan perbaikan infrastruktur kelistrikan karena listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat,” ujar Rini usai Peresmian infrastruktur kelistrikan di Jayapura, Jumat (24/8).

Tak hanya untuk melistriki warga, Rini juga berharap semakin handalnya listrik di Jayapura bisa menumbuhkan pusat ekonomi baru dan memudahkan investor yang ingin berinvestasi di Papua. Karena pada akhir 2017 lalu juga sudah ada tambahan daya sebesar 70MW, akan tetapi karena GI masih 70Kv maka daya itu juga tidak bisa dimanfaatkan secara optimal.

“Untuk itu, dengan adanya GI 150 Kv ini dan juga SUTT yang baru, semoga masyarkat Papua secara umum, Kota Jayapura secara khusus bisa mendapatkan listrik yang lebih baik. Dan tentunya yang paling utama adalah, semoga dengan adanya GI ini, pemadalam yang masih terjadi selama ini tidak terjadi lagi. Kami akan mencoba terus agar bagaimana bisa meningkatkan rasio elektrifikasi yang masih rendah itu,” jelas Rini.

Dikatakan Rini, sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo, untuk bisa mensejahterakan masyarakat Indonesia, maka pemerintah juga dalam hal ini BUMN, harus bisa menyediakan listrik. Karena dengan listrik, tentunya juga akan bisa meningkatkan tingkat pengetahuan terhadap anak-anak yang merupakan penerus Bangsa dan Negera ini. Dengan listrik juga, masyarakat akan lebih meningkatkan tingkat usahanya kedepan. (gri)

Bagikan :

News Feed