oleh

Anak Papua Jadi Panitia Asian Games

JAYAPURA Kawattimur,-Selain sejumlah atlet asal Papua yang masuk dalam tim Indonesia tampil di Asian Games, Jakarta-Palembang 2018.

Dua putra terbaik Orang Asli Papua (OAP) Heppy Wanggai dan Daniel Womsiwor mendapat kehormatan dari Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) atau panitia nasional penyelenggara Asian Games 2018 untuk terlibat dalam penitia pelaksana cabang olahraga Kabaddi.

“Kami berdua sebagai dosen olahraga Uncen mendapat kepercayaan dari panitia Asian Games melalui pengurus Kabaddi Indonesia sebagai panitia pelaksana atau Sport Committee Fieldworker pada pertandingan Kabaddi,” kata Daniel Womsiwor Selasa, 28 Agustus 2018.

Womsiwor bilang pada Asian Games tahun ini di Indonesia sebagai tuan rumah (Jakarta-Palembang), sebanyak 12 negara berpartisipasi dalam kompetisi cabor kabaddi, antara lain Pakistan, Indonesia, Iran, Jepang, Bangladesh, Sri Lanka, Thailand, Nepal, India, Cina, Malaysia dan Korea.

Kabaddi adalah cabang olahraga baru di Indonesia, namun sudah resmi dipertandingkan di multi event tingkat Asia.

“Kabaddi ini pertama kali dimainkan di ajang Asian Games ke-11 di Beijing, dan kami bisa dipercayakan juga sebagai panitia Asian Games kali ini,” ujarnya.

PB Kabaddi berharap pada Asian Games berikut, Timnas Indonesia sudah bisa diperkuat oleh anak-anak Papua.

“Universitas Cenderawasih menjadi ujung tombak sebagai pusat pengembangan atlet Timnas untuk Asian Games berikut,” katanya.

Heppy Wanggai menambahkan Timnas Indonesia pada Asian Games kali ini belum mampu mencetak prestasi. Cabor asal India ini menjadi juara adalah Iran yang sukses memborong dua medali emas.

“Indonesia hanya sampai di babak 8 besar karena kalah postur dan fisik dari 11 negara lainnya,” demikian Happy Wanggai. (get)

Bagikan :

News Feed