oleh

Kapolres Asmat sambangi masyarakat kampung Bismam dan Aw

Asmat-Kawattimur, Kapolres Asmat AKBP Andi Yoseph Enoch, S.I.K menyampaikan rasa Syukur dan berterima kasih kepada Yang Maha Kuasa, dan tanpa seizin dari dari TUHAN tidak mungkin kita bias bertemu serta memberikan salam hormat kepada 2 (Dua) Kepala Kampung dan Masyarakatnya dalam acara tatap muka dalam kunjungan kerja Pertama Kapolres asmat yang bertempat di Jew ( Rumah Bujang )/Rumah Adat Masyarakat Asmat. Kamis 30/08/2018 .
Kapolres Asmat yang di dampingi Kabag Sumda, Kasat Binmas dalam Kunjungan kerja Kapolres Asmat memperkenalkan diri kepada Masyarakat yang hadir dalam tatap muka, selanjutnya Kapolres Asmat memberikan arahan sebagai berikut Kata Kapolres Asmat “ Bahwa kegiatan saya setiap harinya, saya akan mengunjungi Masyarakat dan saya siap bertemu dengan Melayani, saya Kapolres Asmat bersama Istri dan keluarga kami tipikal orangnya tidak suka untuk di layani,namun kami lebih suka melayani Masyarakat.
Selanjutnya Kapolres Asmat menyampaikan kepada Masyarakat bahwa, ada yang punya masalah, persoalan hukum di kampung yang ada di Masyarakat saya akan terbuka untuk membantu, dan setiap saat saya akan datangi masyarakat.

Apa yang menjadi masalah, kalau ada masalah keluhan dengan kita punya Anggota silahkan sampaikan, kita disini sifatnya kita diskusi, kita bicara, kita komunikasi dan masalah-masalah yang ada sama-sama kita pecahkan bersama.
“Saya juga sudah sampaikan kepada Anggota, saya punya Staf bahwa saya akan lebih banyak menyelesaikan persoalan-persoalan Masyarakat tidak menggunakan kekuatan hukum, tapi saya akan menyelesaikan masalah-masalah dengan menggunakan kita punya budaya yang ada disini ( di Asmat sini), kalau memang persoalan itu harus kita duduk bersama ya kita harus bicarakan semua disitu, karena bagi saya bahwa itu persoalan sangat berguna lebih bermanfaat, dari pada kita harus kirim orang kedalam penjara, bagi saya itu sangat di sayangkan juga nanti kalau yang bersangkutan sudah di penjara dan orangnya sudah berkeluarga, anak istrerinya siapa yang mau menghidupinya sehari-hari,”ujarnya.

Dan harapannya, akan bertemu lebih banyak dengan masyarakat, adat istiadat yang ada disini itu yang akan kita kedepankan dan gunakan adat itu, kalau memang semua dari kampung kita sepakat bahwa orang ini harus diproses hukum, karena sudah sering kali melakukan perbuatan serupa dan berulang-ulang, maka kita akan tetap proses hukum yang berlaku, tapi kalau itu kita bisa membina dan menyelesaikan dengan cara-cara yang berlaku di kita punya adat dan budaya,maka kita harus kumpul dengan cara-cara itu.
“Saya juga adalah anak adat, kalau di kampung saya, kami dikatakan anak adat adalah Ondoafi orang tua saya juga sering menyelesaikan persoalan di kampung secara adat, meski pun tugas saya sebagai Polisi tapi kita juga diberikan amanat juga oleh undang – undang bagaimana kita bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di Masyarakat dengan baik,”ungkapnya.

Yang terakhir Polres tetap mendukung kegiatan dan Program Pemerinta Kabupaten Asmat untuk pembangunan Sumberdaya Manusia, Ekonomi, pendidikan, kesehatan dan budaya di Kabupaten Asmat.
Kapolres mengatakan, dirinya senang dengan Budaya maka saya akan terus menyapa Masyarakat dan akan mengakat kearifan lokal yang ada di Kabupaten Asmat dan dalam tugas saya kedapan saya akan melayani masayrakat dengan Moto “melayani dengan kasih”.

Setelah memberikan Arahan Kapolres memberikan waktu kepada masyarakat untu memberikan saran dan masukan.
Saran Dan Usul Masyarakat adalah Kepala kampung Bismam meminta untuk penambahan Anggota di Pos KP2BU, Kapolres Asmat akan memenuhi Permintaan Kepala kampung, Masyarakat sangat mendukung program dari Kepolisian yang di sampaikan oleh Kasat Binmas tentang Binmas Pioner di bidang Pertanian.

Selanjutnya sambutan dari Kasat Binmas terhadap masyarakat 2 (dua) kampung Bismam dan kampung Saw dengan program Binmas Pioner khususnya di bidang pertanian dimana 2 (dua) kampung Bimam Dan kampung Saw walaupun semuanya berawa-rawa namun ada bagian lahan tertentu yaitu di dusun kali Unir masih ada lahan tidur yang produktif untuk bisa di buka untuk dijadikan lahan pertanian Dan segala bibit maupun alat pertanian akan dibantu. Selama giat berlangsung situasi aman dan lancar.

Bagikan :

News Feed