oleh

Dua Kota di Papua Alami Deflasi

Jayapura – Kawattimur, Badan Pusat Statistik mencatat pada Agustus 2018, dua kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Provinsi Papua mengalami perubahan angka indeks yang sama.

Kota Jayapura mengalami deflasi 0,90 persen dan Merauke deflasi 0,53 persen dengan IHK masing-masing 135,69 dan 138,65.

Kepala BPS Provinsi Papua, Simon Sapari mengatakan, faktor pendorong terjadinya deflasi di dua kota tersebut lantaran terjadi penurunan harga pada sejumlah komoditi kendati ada juga sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan harga.

“Komoditi yang mengalami penurunan harga di Kota Jayapura diantaranya ikan ekor kuning, cabai rawit, angkutan udara, bawang merah, cakalang asap, sedangkan yang mengalami kenaikan harga diantaranya cakalang sisik, buah pinang, daging ayam ras, daging sapi, dan telur ayam ras, “papar Simon.

Di Merauke, faktor pendorong terjadinya deflasi pada Agustus 2018 adalah penurunan harga yang cukup signifikan pada beberapa komoditi diantaranya ikan mujair, ikan kembung, bawang merah, bawang putih, bayam.

“Lalu, yang mengalami kenaikan harga diantaranya angkutan udara, udang basah, ketimun, daun kemangi, tukang bukan mandor, “kata Simon, di Kota Jayapura, Papua , Senin (3/9/2018).

Deflasi 0,90 persen menempatkan Kota Jayapura di urutan ke 76 tingkat nasional dan ke-15 tingkat Sulampua (Sulawesi, Maluku dan Papua), sedangkan Merauke di urutan ke 71 tingkat nasional dan ke 13 tingkat Sulampua. (sr)

Bagikan :

News Feed