oleh

Peran Polwan Angkat Citra Polri Sangat Strategis

Jayapura –Kawattimur, Peran Polisi Wanita dalam mengangkat citra Polri sangat strategis, karena wanita penuh dengan kelembutan, Kedamaian namun tegas. Demikian amanat Kapolda Papua Irjen Pol Drs Martuani Sormin pada kegiatan Apel dalam rangka HUT Polwan ke 70 tahun 2018, Senin 3 September.

Dalam kegiatan tersebut bertindak selaku komandan upacara AKBP Windu Sara Dewi dan di hadiri oleh Wakapolda Papua Brigjen pol Drs Yakobus Marjuki, para PJU Polda Papua, para Pamen, Pama, Brigadir dan ASN Polda Papua.

Kegiatan di awali dengan menyanyikan lagu mars Polwan, penghormaran kepada inspektur upacara di pimpin oleh komandan upacara, laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, pengucapan tribrata, panca Prasetya dan korps pegawai republik Indonesia, pembacaan sejarah singkat Polwan dan amat apel.

Adapun amanat Kapolri yang di bacakan oleh Kapolda Papua Irjen pol Drs Martuani Sormin mengatakan yang intinya Selaku pimpinan Polri saya mengucapkan dirgahayu polisi wanita ke-70 kepada seluruh polwan di manapun saudari mengabdi.

Peranan polisi wanita dalam berbagai capaian kinerja serta prestasinya selama ini merupakan manifestasi dari pelayanan publik kepada masyarakat. semoga kedepan Polisi wanita dapat terus berkarya dan meningkatkan ekstensinya sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat.

Di Indonesia, polisi wanita mulai dikenal sejak 1 September 1948, ketika itu 6 orang wanita tangguh dari Bukittinggi, Sumatera Barat Mengikuti pendidikan Inspektur polisi guna memenuhi kebutuhan tugas-tugas kepolisian di kala itu. Hingga saat ini polisi wanita Indonesia telah mencapai jumlah 24.029 orang, atau 5,7 persen dari jumlah anggota Polri secara keseluruhan.

Presentasi polisi wanita di Indonesia juga dihiasi dengan performa yang membanggakan di luar tugas rutinnya selaku anggota Polri. dalam misi perdamaian dunia polwan telah berpartisipasi aktif dalam bagian dari pasukan perdamaian PBB. Dalam bidang olahraga polwan juga mampu menorehkan prestasi di cabang Judo, terjun payung, angkat besi, taekwondo serta turut menjadi bagian dari tim bola voli dan sepak takraw Putri Indonesia yang berlaga di Asian Games 2018.

Realitas ini menunjukkan bahwa peran polisi wanita di dalam institusi polri bernilai penting dan mempunyai tingkat equality yang tidak berbeda dengan polisi laki-laki. dalam kaitan tersebut Polri membuka kesempatan yang seluas luasnya bagi para polisi wanita untuk bersaing dan berkarya memberikan kinerja terbaiknya di semua level jabatan ada di institusi ini.

Selaras dengan hal tersebut peringatan HUT Polwan pada tahun 2018 ini mengangkat tema “Polwan promoter siap menyukseskan agenda Kamtibmas tahun 2018-2019” tema ini penting untuk diangkat mengingat keberadaan polisi wanita yang sangat diperlukan dalam rangka mendukung tugas tugas Polri di tengah Peningkatan Polri di tengah Peningkatan eskalasi politik yang terjadi.

Lebih dari itu, kehadiran polisi wanita juga diharapkan dapat mengangkat Citra polisi dimata masyarakat sebagaimana karakter wanita yang penuh dengan kelembutan, ketegasan dan Kedamaian. Saya menyakini bahwa polisi wanita Indonesia bisa menjadi bagian penting dalam mewujudkan Polri yang semakin profesional, modern dan terpercaya. Saya juga berharap kdp seluruh polisi wanita untk senantiasa mengasah diri, dan meningkatkan serta mengasash keterampilan nya. Saudari adalah Srikandi – Srikandi bhayangkari terbaik yang akan terus menerus memberikan pelayanan kepada bangsa ini.

Terimakasih juga kepada sesepuh polwan atas segala pengorbanan dan dedikasi dalam meletakkan pondasi yang kokoh sebagai pijakan kemajuan bagi para polisi wanita saat ini.

Tambahan Kapolda Papua Irjen pol Drs Martuani Sormin yang menyampaikan Sebagai pimpinan baru, ada beberapa kebijakan saya selaku Kapolda Papua, Tugas kita adalah memberikan perlindungan dan pnegayoman kpd masyarakat. Dan tugas kita ini sangat berat, kita melindungi sekaligus juga melayani.

Bila kita melihat sejarah singkat dari lahirannya polwan, maka sudah sangat patut kita bangga Karena dapat memberikan sisi positif yang berdampak luas, demi mendukung terciptanya harkamtibmas. Masalah tentang media sosial, saya perlu ingatkan kembali agar bijaklah dalam bermedsos, ingat kamu adalah wanita sekaligus penegak hukum.

Dalam hal berpakaian, bertindak dan dalam hal kehidupan sehari-hari kamu sekalian adalah sebagi contoh, jangan menjadi cemoohan orang lain, ingat citra kita adalah di kalian (polwan). Ingat sebelum memposting di medsoso harus berfikir dulu, apakah ada manfaatnya atau tidak, bila tidak ada, jangan di posting. Dan saya minta kepada para perwira para komandan agar adik adik polwan kita agar dapat di awasi.

Saudara saudara perlu di ingat bahwa tidak ada yang boleh memberikan intervensi kepada kita, tapi ingat sudah ada aturan aturan main yang berlaku, baik itu kalian sebagai Sabhara, lalu lintas, Reskrim. Jadi rekan rekan menjadi polisi adalah tugas yg mulia.

Menjadi polisi adalah pilihan hidup kita, maka jadilah polis yang baik, bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Jangan kamu rusak dirimu dengan hal hal sepele, dan jangan melakukan hal hal yang dapat menurunkan citra polisi di mata masyarakat.

Hari ini saudara saudara kita ada yang mengatakan bahwa menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak mereka, bisa saja asalkan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku sesuai dengan undang-undang tahun 1998. Maka bila undang undang itu di pedomani dengan baik, maka silahkan saja.

saya mau menyampaikan tidak ada penggunaan kekerasan pada pelaksanaan PAM unjuk rasa bila mereka berunjukrasa sesuai dengan prosedural yang berlaku, Saya tidak mau seluruh anggota polri menggunakan kekuatan senjata dalam pelaksanaan ujuk rasa. Karena ketika senjata di bunyikan maka pasti akan memancing emosi mereka.

Pak Wakapolda saya titip para polwan Karena siang ini saya mau naik ke puncak jaya, tepatnya tingginambut, Saya ingatkan kepada seluruh anggota Polda Papua, jangan sekali kali bermain dengan Narkoba, bila terbukti saya akan proses sesuai hukum yang berlaku. Jadi jangan coba coba dengan Narkoba Dan jangan pernah meragukan saya. Mudah-mudahan kita bisa menegakkan Citra Polda Papua di mata masyarakat. (ba)

Bagikan :

News Feed