oleh

Besok, Presiden Akan Lantik Gubernur Papua Terpilih di Istana

Jakarta-Kawattimur, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan melantik Lukas Enembe, S.IP MH – Klemen Tinal, SE MM sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua periode 2018-2023 di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (5/9/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.
Asisten Bidang Umum Setda Provinsi Papua, Elysa Auri, SE, MM mengatakan, dari hasil rapat koordinasi dengan Protokol Presiden terkait persiapan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua terpilih, Lukas Enembe – Klemen Tinal bersama 8 Gubernur lain hasil pilgub serentak 2018.

“Kami sudah rapat dengan Protokol Istana terkait pelantikan. Yang akan dilantik oleh Presiden Jokowi ada 9 Gubernur dan Wakil Gubernur,” kata Elysa Auri kepada wartawan usaia rapat bersama di protokol kepresidenan, Senin (3/9/2019).
9 Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantikan, Provinsi Kalimantan Bar, Sulawesi selatan, Jawa Barat, Sumatera utara, Jawa Tengah, Bali, Papua, Sultra dan NTT.

Dijelaskan, proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dimajukan sesuai perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Atas petunjuk Presiden Jokowi sehingga Sekretariat Negara langsung menyampaikan ke masing-masing provinsi bahwa pelantikan dimajukan lebih awal pada 5 September 2018,” ujarnya.D
Dari hasil rapat bahwa Sekretariat Negara menyatakan bahwa persiapan pelantikan sudah siap sampai kepada Keputusan Presiden (Keppres) untuk 9 Gubernur dan Wakil Gubernur.
“Terkait untuk pelantikan Gubernur Papua, kami sudah mengecek semua persiapan mulai dari atribut pakaian, lambang burung garuda, semuanya sudah siap,” katanya.

Diakuinya, untuk jadwal pelantikan, dijadwalkan sekitar pukul 7.30 WIT, seluruh Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dilantik sudah harus ada di istana untuk persiapan gladi sekitar pukul 8.00 hingga 9.00 WIB.
Selanjutnya sekitar pukul 9.45 WIT prosesi 9 Gubernur dan Wakil Gubernur diikuti Presiden memasuki ruang pelantikan.
Ia menambahkan, setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur selesai kemudian akan dilanjutkan dengan serahterima Ketua TP PKK untuk 9 provinsi termasuk Provinsi Papua di Kantor Kemendagri sekitar jam 14.00 WIT.
“Sementara mengenai serahterima jabatan Gubenur Papua direncanakan pada 7 September 2018 di Jayapura,” tambahnya. (bm)

Bagikan :

News Feed