oleh

Pendidikan Jadi Program Prioritas Lukas Enembe-Klemen Tinal

Jakarta – Kawattimur, Salah satu program prioritas pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP MH – Klemen Tinal, SE MM yaitu memperbaiki sistem pendidikan Papua menjadi lebih baik dari periode sebelumnya.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH mengatakan program prioritasnya perbaiki pendidikan itu sudah ada dan tinggal dilanjutkan terutama masalah pemberian beasiswa bagi anak-anak asli Papua.

“Masalah pendidikan di Provinsi Papua kembali menjadi prioritas, saat ini banyak anak-anak Papua terlantar karena pedidikan cukup jauh,” kata Gubernur Lukas Enembe kepada wartawan usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018).
Menurut Lukas Enembe, Pendidikan di Provinsi Papua masih tertinggal terlalu jauh, sehingga perlu di benahi kembali terutama bagi daerah-daerah yang memang selama pendidikannya masih rendah.

“Ini berdampak pada indeks pembangunan di Papua jauh dari harapan saat ini dimana angka kemiskinan juga masih tinggi sekali,” ujarnya.

Selain itu, peningkatan pembangunan infrastuktur juga turut menjadi perhatiannya. Karena sejauh ini infrastuktur di Papua masih banyak tertinggal dan masih butuh banyak anggaran.

“Salah satunya pembangunan jalan trans Papua yang menghubungkan Jayapura-Wamena yang dibangun oleh pemerintah pusat dengan menggunakan dana APBN. Tetapi saat ini jalan tersebut belum di fungsionalkan,” kata Enembe.

Pihaknya bertekad agar bagaimana pembangunan jalan trans Papua itu, pekerjaanya cepat tuntas dan bisa difungsikan.

“Harapannya orang Papua bisa akses atau mengunakan jalan trans tersebut,” jelasnya.
Terkait lahan yang digunakan untuk jalan itu, diakuinya tidak ada masalah lagi, justru yang jadi masalah adalah soal anggaran karena membangun jalan trans ini membutuhkan biaya cukup besar. “Kita di Provinsi Papua tidak akan sanggup untuk membiayai itu karena APBD kita sangat kecil sekali,” ujarnya.

Gubernur Lukas Enembe menyampaikan terima kasih karena pada saat ini pemerintah pusat dikepemimpinan Presiden Joko Widodo sudah resmi melantik dirinya dan Klemen Tinal untuk kembali memimpin Provinsi Papua sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Ya tentu sejarah baru, dimana ini merupakan periode kedua bagi kami untuk memimpin Provinsi Papua,” kata Enembe. (bm)

Bagikan :

News Feed