oleh

TNI Perbatasan Amankan Pemilik Narkotika Ganja

Jayapura – Kawattimur, Anggota TNI AD Satgas 501/BY yang bertugas di perbatasan RI_Papua Nugini mengamankan seorang pemuda karena terbukti memiliki Narkotika jenis ganja, Jln. Trans Papua depan Pos Skanto Satgas 501/BY Distrik Arso Barat Kabupaten Keerom Minggu tanggal 9 September, saat digelar razia. Pemuda pemilik ganja itu kemudian diserahkan ke pihak Kepolisian guna proses hokum selanjutnya.

Juru BIcara Polda Papua Kombes Ahmda Mustofa Kamal saat mengatakan, pemuda pemilik ganja itu terjaring dalam razia yang digelar personil TNI Perbatasan. “Saat ini pemuda itu sedang diperiksa secara intensif atas kepemilikan ganja,’’ucapnya.
Mengenai kronologis kejadian pada hari dan tanggal tersebut di atas, penangkapan ini berawal saat pada hari Minggu tanggal 10 September 2018, Sekitar Pukul 20.30 Wit, Sebanyak 10 Personil Satgas Pamtas RI-PNG Pos Skanto melaksanakan Razia didepan Pos Skanto, Pada Pukul 22.00 Wit, Personil Pos Skanto, menghentikan sepeda motor Honda Beat Warna Biru Putih yang tanpa Nomor Polisi yang dikendarai oleh pelaku an. Edwin Sepnat Tare (23) dari arah Arso menuju Abepura setelah dilakukan pemeriksaan didapati pelaku membawa minuman keras jenis mensen, selanjutnya minuman tersebut disita dan dituang dijalan oleh anggota Pos Skanto.

“Kemudian pelaku melanjutkan perjalanan ke Koya, selang beberapa menit pelaku kembali melintas didepan Pos menuju arah Arso, karena merasa mencurigakan personil Pos Skanto, mengikuti dan melihat pelaku membuang 1 bungkus plastik hitam dipinggir jalan, kemudian anggota Pos memeriksa plastik tersebut dan ternyata didalamnya terdapat Narkotika Jenis Ganja kemudian personil Pos Skanto melaksanakan pengejaran terhadap pelaku dan berhasil mengamankan pelaku di Arso 1, kemudian pelaku dan barang bukti diamankan di Pos Satgas 501/BY Skanto,”terang Kamal.

Selanjutnya anggota Satgas 501/BY Pos Skanto berkordinasi dengan anggota Sat Reskrim Narkoba Polres Keerom terkait diamankan 1 orang pemuda membawa Narkotika Jenis Ganja di Pos 501/BY Skanto pada saat melakukan Razia.
Barang bukti yang diamankan, 6 ( Enam ) Bungkus Plastik Bening ukuran Besar berisikan Ganja Kering, 1 ( Satu ) Bungkus Plastik bening ukuran sedang berisikan Ganja Kering, 13 ( Tiga Belas ) Bungkus Plastik Bening Ukuran Kecil berisikan Ganja Kering, jumlah berat keseluruhan 625,1 gram, 1 ( Satu ) Unit SPM Honda Beat Warna Biru Putih Tanpa Nopol.
Identitas pelaku adalah Edwin Sepnat Tare (23), laki-laki, warga Abepura.

Langkah-langkah kepolisian yang diambil, menerima laporan, mengamankan pelaku dan barang bukti ke Mapolres Keerom, meminta keterangan saksi, membuat laporan. Sementara kasus ini telah ditangani oleh Sat Reskrim Narkoba Polres Keerom. (ba)

Bagikan :

News Feed