oleh

Meriahkan 1 Muharram, Polisi Amankan Jalan Santai Umat Muslim Kabupaten Jayapura

Jayapura – Kawattimur, Jalan Santai yang digelar seluruh elemen muslim se Kabupaten Jayapura dalam rangka memeriahakn Tahun Baru Islam 1 Muharram, yang berlangsung Selasa 11 September, berjalan aman dan lancar berkat pengamanan yang dilakukan Polisi.

Perayaan dengan tema “Peringatan 1 Muharram meneguhkan tekad dan semangat silaturahmi untuk membangun Jayapura yang sejahtera, berkualitas dan ramah” dihadiri warga muslim se kabupaten Jayapura.

Dalam kegiatan tersebut hadir Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijiyantoro, Dan Lanud Silas Papare, Marsma TNI Ir. H. Tri Bowo Budi S. MM,M.TR (HAM), Kapolres Jayapura, AKBP Victor D. Mackbon, SH.S.IK.,MH.M.Si, Kabag Sumda Polres Jayapura, AKP Mansur, Kapolsek Sentani Kota, Kompol Hakim Sode, SH.,MH, Wadanyon 751/Raider, Mayor Inf. M. Yahya S. Ginting, Kapolsek KP3 Bandara, Ipda Baharuddin Buton, Ketua MUI Kab. Jayapura, Ust. Makmun Rosidi, Ketua PHBI Kab. Jayapura, Ust. Nurdin Sanmas, Ketua Panguyuban Nusantara, Hj. Muktar, Ketua YPKP Sentani H. Yusup, Pembina YPKP H. Miskiran, Badan Kontak Majelis Taglim (BKMT) Kab. Jayapura, Sitti Rukiya Soleman Hamzah, Ketua Panitia, Ibu Eni Sariasi, Eleman masyarakat Muslim Se-kabupaten Jayapura, kurang lebih 1000 orang.

Kegiatan di mulai dengan ucapan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H dari panitia dilanjutkan dengan pembacaan doa yang di pimpin oleh Hj. Yusuf S.Ag, dilanjutkan dengan penyampaian dari Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, SH.S.Ik.,MH.M.Si yang menyampaikan Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha esa atas nikmat dan kesempatan yang diberikan kepada kita pada pagi hari yang indah ini, pada pagi hari ini kita akan melaksanakan jalan santai dalam rangka memperingati tahun baru islam 1 muharam 1440 H. Kami berharap kepada saudara-saudara sekalian agar selalu meyemarakan tahun baru Islam ini dengan penuh suka cita dan sesemarak mungkin, kiranya dalam jalan santai ini saudara-saudara dan adik-adik sekalian dapat melaksanakan dengan tertib dan kembali di halaman masjid al aqso ini dengan tertib.

Kami berharap perayaan tahun baru Islam seperti ini kita dapat melaksanakanya setiap tahun di Kabupaten Jayapura. Tidak lupa kami juga menghimbau kepada saudara-saudara sekalian bahwa kita akan melaksanakan Pilpres dan Pileg dan atas pesta demokrasi tersebut mari kita meriahkan dengan tertib sehingga akan tercipta suasana kamtibmas yang kondusif di Kab. Jayapura ini.

Dan Lanud Silas Papare, Marsma TNI Ir. H. Tri Bowo Budi S. MM,M.TR (HAM) yang menyampaikan Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt karena atas nikmat dan karunianya kita di kumpulkan di tempat ini. Semoga dengan momentum tahun baru Islam ini kita bisa merubah akhlak kita menjadi lebih baik. Saudara-saudara sekalian bahwa tahun depan kita akan memeriahkan pesta demokrasi Pilres dan Pileg dan sebagaimana yang disampaikan oleh Bpk. Kapores tadi mari kita jaga kamtibmas yang aman dan kondusif di Kab. Jayapura ini, akhirnya saya ucapkan selamat tahun baru Islam dan mari kita laksanakan jalan santai ini dengan tertib dan kembali ke halaman masjid ini dengan aman dan tertib.

Wakil Bupati Kab. Jayapura, Giri Wijiyantor yang menyampaikan pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas segala nikmatnya. Satu muharram ini menjadi momentum yang sangat luar biasa sebagaimana hijrahnya Nabi dari Mekah ke Madinah. ketika kita hidup berbangsa dan bernegara untuk kita umat Islam di kab. Jayapura agar kita paham apa yang di ajarakan Nabi sebagaimana kita harus hidup berdampingan dengan umat agama yang lainya. Tidak lupa saya ucapkan selamat memeriahkan tahun baru Islam dan sebentar ini mari kita menjalankan jalan santai ini dengan semangat dan tertib di jalan.

Pada Pukul 06.58 Wit, pelepasan peserta jalan santai oleh Wakil Bupati Jayapura yang di dampingi oleh Dan Lanud Silas Papare dan Kapolres Jayapura selanjutnya peserta jalan santai meninggalkan halaman mesjid Agung Al-Aqsha Sentani menuju kantor Bank Papua cabang Sentani kemudian kembali ke halaman mesjid Agung Al-Aqsha Sentani dengan pengawal mobil Patwal Sat. Lantas Polres Jayapura, Pukul 07.50 Wit, peserta jalan santai tiba kembali di halaman mesjid Agung Al-Aqsha Sentani selanjutnya melakukan senam massal.

Pukul 08.00 Wit, penampilan kasida dari Majelis Ta’lim Al Hidayah Sentani dan nyanyian lagu religi dari remaja mesjid Al-Aqsha Sentani, dilanjutkan dengan pencabutan dan pembacaan nomor undian Dorprise sebanyak 15 nomor yang di bacakan oleh panitia, kegiatan perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H di lanjutkan dengan pembukaan dan ucapan selamat.

Lalu Pukul 08.47 Wit pembacaan Kalam Ilahi oleh Muhammad Kahfi Amiruddin dilanjutkan laporan ketua panitia yang di bacakan oleh Ibu Eni Sariasi yang menyampaikan Pada perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H yang kita laksanakan pada hari ini ada tiga kegiatan yaitu gerak jalan bersama, senam massa dan tablig akbar.

Terima kasih kepada para donatur dan dermawan yang telah memberikan dukungan hadiah Dorprise untuk kegiatan ini serta tidak lupa juga kepada teman-teman panitia dan pengurus mesjid Agung Al-Aqsha yang telah bersusah payah menyiapkan segalanya sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Pukul 08.59 Wit, sambutan Badan Kontak Majelis Taglim (BKMT) Kab. Jayapura, Sitti Rukiya Soleman Hamzah yang menyampaikan Terima kasih atas kehadiran bapak/ibu sekalian dalam kegiatan perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H yang bertepatan dengan tanggal 11 September 2018, semoga keiklasan langkah bapak/ibu sekalian untuk datang ke tempat ini di balas oleh Allah SWT sehingga kita mendapatkan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari.

Terima kasih kepada Ketua Panitia beserta seluruh pengurusnya, PHBI Kab. Jayapura dan pengurud mesjid Agung Al-Aqsha sentani yang telah menyiapkan segala sesuatunya baik tempat ataupun peralatan sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan ini dengan lancar dan membawah kebahagaian bagi kita semua. Tidak lupa ucapan terima kasih kepada para donatur dan dermawan yang telah memberikan sumbangan hadiah dorprise untuk mendukung jalannya kegiatan ini. Kami BKMT Kab. Jayapura selalu berusaha melaksanakan kegiatan di hari-hari besar Islam walaupun kami sadar bahwa keadaan keuangan kami sangat minim.

Pukul 09.08 Wit, pemberian tausiah oleh Ust. Hj. Muhammad Wahid Azis, S.Ag. dilanjutakan pada Pukul 09.40 Wit, pembacaan doa penutup oleh Ust. Hj. Muhammad Wahid Azis, S.Ag. dan pad pukul 09.45 Wit, rangkaian kegiatan jalan santai dalam rangka perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H selesai di lanjutkan dengan pembacaan nomor undian Dorprise.

Tindakan Kepolisian Yang Dilakukan Mengamankan Kegiatan Jalan Santai Seluruh Elemen Umat Muslim Se-Kabupaten Jayapura Dalam Rangka Memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H. (ba)

Bagikan :

News Feed