oleh

Dinas Kesehatan Gelar Penyuluhan dan Pemeriksaan HIV/AIDS di Polres Tolikara

Tolikara-Kawattimur,  Penyuluhan dan Pemeriksaan HIV/AIDS bagi Anggota Polres Tolikara oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tolikara berlangsung Selasa/18/09/2018, di Aula Multi Fungsi Polres Tolikara.

Hadir dalam kegiatan ini yaitu :
1. Kapolres Tolikara (AKBP Mada Indra Laksanta, S.I.K., MSi).
2. Waka Polres Tolikara (Kompol Sudjito, SE).
3. Kabag Ops (AKP Gunawan).
4. Kabag Sumda (Kompol Suroji, SE).
5. Kasat Sabhara (Iptu Jony Bubang).
6. Kasat Binmas (Ipda Widada).
7. Ka SPKT (Ipda Sarimin).
8. Kasi Propam (Ipda Remi Kogoya).
9. Kasi Keu (Aiptu Samuel Sapan).
10. ±40 Personil Polres Tolikara.
11. Dr. VCT ( Veronica Crassnaya A. L)
12. 4 orang Bidan VCT (Masrah Yanti, Hasbiana, Rosila Ismail, Sepriansi. P)
13. Analis VCT (Saputro, P. S)
14. Perawat VCT (Ridwan A. Matira)

Dalam kegiatan Ini Kapolres Tolikara AKBP Mada Indra Laksanta, S.I.K., M.Si menyampaikan sambutan kepada Tim Kesehatan dan Anggota yang intinya, “Terima kasih Kepada Dr. Veronica bersama Tim yang sudah datang melakukan Penyuluhan kepada kami Polri, dengan adanya kegiatan ini Kami bisa belajar bahwa HIV/AIDS adalah Suatu penyakit yg sangat berbahaya bagi Tubuh.

“Untuk itu dihimbau kepada seluruh Anggota Polres Tolikara agar mengikuti kegiatan ini dengan Saksama, karna Kesehatan Kita adalah Harta yg sangat berharga, maka dari itu melalui kegiatan ini saya Memerintahkan kepada anggota agar menjaga kesehatan masing – masing karna Agenda Besar menanti kita yaitu pelaksanaan Pilpres dan Pilleg, “Ungkap AKBP Mada Indra Laksanta, S.I.K., M.Si

Adapun penyuluhan Dr. Veronica yg intinya yaitu, bersama Tim VCT akan melakukan penyuluhan Dasar HIV/AIDS dan SIRKUMSISI PADA PRIA SECARA SUKARELA, kegiatan ini kami lakukan untuk mengetahui jumlah Masyarakat Maupun POLRI dan TNI yg terinfeksi maupun tdk terinfeksi penyakit HIV/AIDS, untuk mempersingkat waktu saya akan memaparkan Penyuluhan kami :

VIRUS adalah Human Immunodefinciency Virus yaitu Virus penyebab AIDS, HIV menyerang dan menghancurkan sistem kekebalan tibuh.

AIDS adalah Acquired Immune Deficinchy Syndrome yaitu sekumpulan gejala penyakit akibat menurunnya kekebalan tubuh.

HIV menyerang tubuh melalui Sel CD4 yg merupakan bagian dari sel darah putih, Sel CD4 adalah teman dari tubuh kita, semua penyakit seperti Batuk yg berusaha untuk menyerang tubuh kita, tp Sel CD4 melawan mereka untuk melindungi temannya yaitu tubuh kita, setelah virus HIV masuk ke dalam tubuh kita maka Sel CD4 tidak dpt mempertahankan dirinya untuk melawan HIV dengan cepat sehingga sel CD4 kehilangan kekuatan untuk melawannya sehingga tubuh kita tdk memiliki perlindungan akhirnya tubuh kita mnjadi lemah sehingga semua pnyakit dengan mudah menyerang.

Penularan HIV didaptkan melalui Darah, Cairan Sperma, Cairan Vagina, dan Air Susu Ibu.

Perilaku beresiko tertular HIV yaitu Hubungan Seks Tanpa kondom dan suka bergantian Jarum suntik.

Penularan Pada Ibu ke bayi yaitu berawal dari kehamilan, Malahirkan dan menyusui.

HIV tdk menular melalui Gigitan nyamuk, bersalaman, ciuman, menggunakan peralatan makan bersama, tinggal serumah dan menggunakan Jamban yg sama.

Gejala dan keluhan terkena HIV/AIDS antara lain Onikomikosis yaitu Rusaknya kuku, Herpes Zoster yaitu timbulnya Memar atau Bintik merah pada badan dan wajah, PPE (Papular Pruritic Eruption) yaitu timbulnya Gatal-gatal pada seluruh tubuh, Kandidiasis Oral yaitu terjadinya luka pada lidah dan gusi, Wasting Syndrome yaitu Tubuh menjadi kurus.

HIV/AIDS hingga saat ini belum dapat di sembuhkan dan tdk dpt di cegah dgn obat Tetrasikilin, Penisilin dan obat-obatan lainya.

HIV dan IMS hanya dpt d cegah dengan Anda menjauhi Seks, Bersikap saling setia, Cegah dgn kondom, dihindari penggunaan suntik narkoba, Edukasi/ajari pasangan dan teman teman lainnya.

Yang kita lakukan apabila terkena HIV/AIDS adalah dengan cara berobat kedokter supaya dpt tetap Hidup sehat dan Produktif.
– Itulah penyuluhan yg kami dpt sampaikan atas perhatian Bapak Bapak Semua kami ucapkan terima kasih.

“Setelah penyuluhan ini kami akan mengadakan pemeriksaan Darah kepada Bapak – Bapak Semua agar terdatanya jumlah Yg terinfeksi maupun tdk terinfenksi penyakit HIV/AIDS di Kab. Tolikara hingga terciptanya Hidup sehat dan produktif, “ungkap Dr. Veronica

Bagikan :

News Feed