oleh

Bawa Ganja, Anggota Kelompok Bersenjata Diamankan TNI-Polri

Jayapura,Kawattimur – Seorang pria berinisial BM (39) warga kampung Pisugi Okoloma, Distrik Kurulu, Kabupaten Jayawijaya, yang diduga kuat merupakan anggota Tentara Pembebasan Nasional – Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) diamankan anggota Satgas TNI AD yang berjaga di Pintu perbatasan RI-PNG lantaran kedapatan membawa ganja kering siap edar pada Kamis 20 September lalu.

Setelah diamankan dan dimintai keterangannya, pelaku langsung serahkan kepada pihak Kepolisian Resort Jayapura Kota guna proseis hukum lebih lanjut.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas mengungkapkan, saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan untuk pengembangan penyidikan oleh Satuan Narkoba.

“Pelaku masih dalam pemeriksaan dan kini pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka. Tiga plastik ukuran sedang berisi ganja dengan berat 409,2 gram kami amankan dari BM,” ungkapnya kepada wartawan dalam press release di Mapolres Jayapura Kota, Sabtu 22 September 2018.

Gustav menuturkan, rencananya, tersangka akan akan membawa ganja tersebut ke Wamena, untuk dijual dan dikonsumsi di sana. Dari pengakuannya, pelaku juga sering melakukan hal yang sama, dan motifnya hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Ganja itu rencana akan dibawa ke Wamena untuk diedarkan atau dikonsumsi, kami masih akan kembangkan. Ganja itu didapatnya dengan cara dibeli dari PNG, melalui jalur tikus,” bebernya.

Disinggung apakah status DM  merupakan anggota OPM? mengingat saat dilakukan penggeledahan ditemukan kartu tanda anggota OPM, kata Gustav pihaknya masih mendalaminya dengan melakukan interogasi dan penyelidikan mendalam.

“Kami masih dalami dan mintai keterangan dari yang besangkutan, namun untuk saat ini BM kami jerat terkait kepemilikan narkoba,” terangnya.

Atas perbuatannya, tegas Gustav, BM dijerat dengan pasal 111 ayat 1 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara. (ara)

Bagikan :

News Feed