oleh

Vaksin Rubela Sangat Penting Untuk Perkembangan Anak

Wamena Kawattimur, – Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si, Selasa (25/9/2018) langsung turun ke dua distrik berbeda untuk melihat langsung pelaksanaan pemberian Vaksin Rubela kepada anak-anak yang ada di dua distrik tersebut.

Pemberian Vaksin Rumbela dilakukan di Distrik Bugi dan Distrik Wollo Kabupaten Jayawijaya yang dilakukan dinas kesehatan Kabupaten Jayawijaya melalui Puskesmas yang ada di dua distrik itu.

Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si mengungkapkan, program pemberian vaksin rubella harus dilakukan, karena sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak di seluruh Wilayah Kabupaten Jayawijaya.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan di dua distrik sangat berjalan dengan baik, itu berarti masyarakat sudah antusias dan tidak takut lagi untuk membawa anaknya agar diberikan suntikan Vaksin Campak Rubela.

“Walaupun sempat ada kejadian di kurulu, tetapi dinas kesehatan terus berupaya memberikan pemahaman dan sosialisasi, sehingga pelaksanaan di dua distrik berjalan lancar,” kata Banua.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si memberikan makanan telur dan susu Ultra kepada anak-anak yang telah diberikan vaksin campak rubella.

Pejabat sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya, Ny. Olivina Rumbekwan mengungkapkan, walaupun sempat mengalami kendala terkait kasus di Distrk Kurulu, namun tidak mematahkan usaha dinas untuk terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya pemberian vaksin campak rubella kepada anak-anak.

“Kita lihat hari ini, dengan bantuan pemerintah daerah yang turun kelapangan, kegaitan ini sangat terbantukan dan berjalan lancar,” kata Olivina.

Diakuinya, memang masih ada beberapa Puskesmas yang belum tercapai pencapaiannya dalam hal vaksinasi campak rubella termasuk distrik Bugi dan Wollo, sehingga untuk mencapai target yang diinginkan, dinas kesehatan menggandeng pemerintah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya untuk turun langsung kelapangan pada saat proses pemberian vaksin campak dan rubela.

Dijelaskan, untuk cakupan target pemberian vaksinasi Campak dan Rubela khusus Kabupaten Jayawijaya masih sangat rendah, karena hingga pertengahan bulan September 2018, baru mencapai 18 persen pencapaian.

Dirinya berharap, dengan terlibatnya langsung pemerintah daerah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, pencapaian pemberian vaksinasi campak rubella dapat terus meningkat.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Distrik Wollo Ebiet Gombo menjelaskan, dari 8 kampung yang ada di Distrik Wollo, pemberian campak rubella sudah dilakukan Puskesmas Wollo, dan dalam pemberian vaksinasi tersebut tidak mendapat penolakan apa-apa dari warga masyarakat yang ada di setiap kampung, karena sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.(NP)

Bagikan :

News Feed