oleh

Maju Kandidat Calon Ketua KNPI Papua, Albertus Adii Diusung Koalisi Pemuda Bersatu

banner

Jayapura, Kawattimur – “Mewujudkan KNPI sebagai wadah pengkaderan dan pemberdayaan Papua yang visioner menuju kemandirian”. Itulah visi yang diusung oleh Albertus Adii dalam pencalonannya merebut kursi nomor satu di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua untuk periode 2018-2021.

Visi yang mulia ini ia sampaikan saat ditemui wartawan di Kotaraja – Abepura, Sabtu 29 September, sebagai penegasan keseriusannya dalam menyatukan unsur kepemudaan yang ada di Papua, untuk bersatu membangun generasi muda yang mandiri dan memiliki jatidiri yang kokoh.

Albertus yang dikenal sebagai tokoh pergerakan pemuda Pegunungan Bintang ini mengungkapkan, niatnya untuk memilih maju mencalonkan diri sebagai Ketua KNPI Papua tak lain dikarenakan kegelisahannya melihat banyaknya pemuda Papua yang putus sekolah dan terancam tidak memiliki pekerjaan yang menjamin kelangsungan hidupnya. Terlebih, tingginya angka pengangguran yang berbuntut pada tindakan kriminalitas serta efek negatif yang ditimbulkan oleh kesenjangan ekonomi. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi Albert untuk menjawab kegelisahannya tersebut. Ia optimis dapat memenagkan tampuk kepemimpinan KNPI Papua dalam voting yang akan digelar dalam awal Oktober mendatang.

“Sejumlah masalah sudah kami hadapi dan lalui, dan hidup saya merupakan bagian dari kehidupan pemuda. Banyak program sudah kami lakukan selama ini dalam mengkader para pemuda di Pegunungan Bintang agar lebih mandiri dan melakukan kegiatan yang positif,” ungkapnya menuturkan pengalamannya selama menjabat dua periode sebagai Ketua KNPI Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Saya melihat harapan bahwa banyak pemuda yang berkiprah dalam KNPI menjadi pelopor dikemudian hari. Mereka adalah tongkat estafet yang akan memberikan kontribusi dalam membangun Papua. Sudah saatnya mereka diberdayakan agar menjadi pemuda yang visioner serta memiliki masa depan yang lebih baik,” lanjutnya.

Atas segudang pengalamannya itulah ia optimis untuk turun gunung dari kota kelahirannya ke Kota Jayapura dalam memperubtkan kepemimpinan KNPI Provinsi Papua.

Bagi Albert, generasi muda merupakan aset bagi daerah dan negara. Sebab, eksistensi pemuda dinilai memberikan krontribusi besar dalam membangun semangat nasionalisme sekaligus menopang pembangunan di daerahnya.

Dalam konteks pengembangan kemampuan pemuda, “Kita harus memetakan kekuatan, kelemahan, tantangan serta peluang yang dimiliki oleh KNPI selama ini, sehingga pemuda tau membangun konsep yang akan dikerjakan dan dikembangkan untuk mewujudkan masa depan yang cerah dan berkesinambungan,” kata Albert.

Data yang dihimpun Kawattimur, ada 11 OKP yang mendukungnya dalam kontestasi Ketua KNPI Papua, diantaranya 8 dari OKP dan 3 dari DPD tingkat II yakni dari Puncak, Pegubin dan Boven Digoel. Mereka semua tergabung dalam Koalisi Pemuda Bersatu.

Lamuji selaku Ketua Tim Koalisi Pemuda Bersatu yang juga sebagai Pengurus Pemuda Muhammadiyah Papua menggambarkan Albert adalah sosok yang gigih dan pekerja keras. Ditangannya segala pekerjaan harus direncanakan secara matang, sehingga membuahkan hasil yang baik dan bermanfaat bagi banyak orang.

“Beliau (Albert) sudah bepengalaman 2 periode sebagai Ketua KNPI Pegubin. Kita dari koalisi mengajak para pemuda Papua bersatu serta bersama-sama bekerja dan mengawal janji-janji yang diutarakan Bung Albert tadi. Mari pemuda bergabung dengan bung Albert untuk bersama membangun Bumi Cenderawasih kearah yang lebih baik,” ujarnya.

Diketahui, pendaftaran bakal calon Ketua KNPI Papua berakhir pada Jumat (27/9) kemarin. Ada 12 calon kandidat yang mendaftar, sementara hasil verifikasi dokumen pendaftaran dilakukan pada tanggal 29-30 September, dan diumumkan pada tanggal 1 Oktober 2018.

“Steering Committe kami minta untuk melakukan verifikasi secara objektif. Dan kepada para pemuda agar dalam memberikan hak suaranya kami himbau agar memperhatikan track record para kandidat calon ketua, sehingga siapapun yang menang menjadi Ketua KNPI nantinya dapat memberikan yang terbaik bagi kepemudaan Papua,” imbau Lamuji. (Ara)

banner
Bagikan :

News Feed