oleh

Dorong Transformasi Digital di MOR VIII Maluku Papua, Pertamina Selenggarakan Roadshow di Jayapura

Jayapura-Kawattimur, Dalam rangka menghadapi era digitalisasi dan mendorong transformasi digital, Pertamina MOR VIII menyelenggarakan kegiatan Pertamina Digital Roadshow pada Kamis (11/10) bertempat di Kantor Unit MOR VIII, Jayapura.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mempersiapkan seluruh pekerja dan mitra kerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) khususnya di wilayah Marketing Operation Region VIII Maluku – Papua untuk siap menghadapi perubahan tren dunia digital yakni dalam rangka transformasi bisnis dan budaya digital. Kesiapan seluruh elemen menjadi krusial karena Revolusi Industri 4.0 sudah terjadi di depan mata, dimana industri saat ini memasuki produksi yang didorong oleh teknologi cerdas berbasis internet, _cloud, big data, dsb. Roadshow di Jayapura kali ini juga dilaksanakan agar proses transformasi digital secara simultan dapat dilakukan oleh unit operasi Pertamina di seluruh Indonesia.

Deni Rahmawan mewakili Tim Management MOR VIII menyampaikan apresiasi penyelenggaraan Roadshow Digital di Jayapura. “Digital sudah hidup bersama kita dimulai dari pagi hari. Untuk itulah acara ini diselenggarakan. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan sebagai awareness terhadap program transformasi digital yang sudah dicanangkan dan menjadi komitmen bersama semua pihak, tentunya guna mendukung Pertamina sebagai World Class Energy Company,” ujar Deni dalam sambutannya.

Pertamina MOR VIII menyelenggarakan kegiatan Pertamina Digital Roadshow pada Kamis (11/10) bertempat di Kantor Unit MOR VIII, Jayapura.

Sementara itu, Vice President (VP) Shared Procesing Center (SPC) Pertamina Joko Purnomo dalam pemaparannya menuturkan, kegiatan digital roadshow merupakan bagian dari proses perubahan budaya perusahaan ke arah digitalisasi dan untuk meningkatkan daya saing (competitiveness) perusahaan. Joko menuturkan, “Industri minyak dan gas saat ini menghadapi serious disruptive events karena kemajuan teknologi. Di sisi lain, revolusi digital akan terus mengalami akselerasi. Oleh karena itu, Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang energi juga terus mempersiapkan strategi agar dapat beradaptasi dan memanfaatkan kesempatan ini guna mendapatkan benefit yang optimal,” ujar Joko.

Selanjutnya, dalam pemaparan materi Digital Culture disampaikan oleh VP People Management, Gustini Raswati, menyampaikan pentingnya peran people /manusia dalam beradaptasi menghadapi perubahan ini. “Dalam proses transformasi digital, digitalisasi tidak hanya sekedar memindahkan proses bisnis ke platform digital atau otomasi, namun ada faktor Process-People-Technology yang perlu diperhatikan dan kesiapan people menjadi salah satu kuncinya,” papar Gustini. Dalam roadshow ini juga ditekankan mengenai tantangan dalam digitalisasi yakni mengenai keamanan siber (cyber security) yang perlu menjadi perhatian dalam proses transformasi digital agar segala proses dapat berjalan dengan optiomal. Sebagai penutup roadshow, para pekerja Pertamina mendapatkan update mengenai program digital dan aktivasi program loyalitas MyPertamina dan digitalisasi SPBU di seluruh Indonesia, serta membahas pemanfaatan sosial media bagi perusahaan. (ba)

Bagikan :

News Feed