oleh

Perekaman e-KPT di Empat Kabupaten Masih 5 Persen

Jayapura – Kawattimur, Data Perekaman e-KTP Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil Papua, ada empat kabupaten di wilayah pegunungan Papua yang tingkat partisipasi masyarakat untuk melakukan perekaman masih di bawah lima persen.

Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil Papua, Ribka Haluk, mengatakan pihaknya akan melakukan perekaman massal di Kabupaten Yahukimo, Paniai, Intan Jaya dan Pegunungan Bintang yang masih rendah.

“Kami akan bekerjasama dengan Pemda setempat untuk melakukan perekaman e-KTP secara masal karena Empat kabupaten ini perekaman e-KTP masih dibawa lima persen,” kata Ribka Haluk kepada wartawan di Jayapura, Sabtu (13/10/2018).

Menurut Ribka, perekaman massal dimulai dari Kabupaten Yahukimo, karena jumlah penduduk sangat banyak dan pihaknya akan aktif melakukan jemput bola dalam proses perekaman e-KTP nanti.

Sementara jumlah perekaman e-KTP di Papua baru mencapai 42 persen. “Jadi, kita akan lakukan perekaman masal dengan mengumpulkan masyarakat, apalagi empat kabupaten tersebut merupakan daerah konflik, sehinga kita perlu melakukan pendekatan dengan masyarakat,” katanya.

Dijelaskan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan perekaman KTP di sekolah-sekolah mengingat banyak siswa yang umurnya sudah 17 tahun.

“Sekolah-sekolah juga jadi target, kita akan melakukan perekaman, hal ini juga membantu siswa untuk mengurus adminiatrasinya ketika mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” ujar Haluk.

Sesuai target per 31 Desember 2018, kata Ribka, perekaman KTP di Papua sudah 100 persen dan dihimbau Dukcapil tingkat Kabupaten aktif lakukan perekaman KTP.

“Kami harapkan Pemerintah Kabupaten/Kota jemput bola dengan melakukan perekaman pada setiap kantor Distrik seperti yang dilakukan Kota Jayapura,” katanya. (bm)

Bagikan :

News Feed