oleh

Konflik Yahukimo Tidak Berdampak Ke Jayawijaya

Wamena Kawattimur, – Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba, SE.M.Si memastikan, kejadian perang suku yang terjadi di Yahukimo tidak akan berdampak sampai ke Kabupaten Jayawijaya.

Dijelaskan Kapolres Reba, hal perang tersebut tidak akan berdampak sampai ke Jayawijaya dikarenakan dirinya telah mengumpulkan beberapa kepala suku asal Yahukimo di Kurima dan melakukan pertemuan dengan mereka.
“Jadi kami sudah panggil mereka dan kasih ultimatum, bahwa kejadian di Yahukimo jangan sampai terjadi di Jayawijaya,” ungkap Kapolres Jayawijaya.

Menurutnya, paska kejadian di Kabup[aten Yahukimo tidak berdampak terhadap aktifitas di Kabupaten Jayawjaya, karena upaya pendekatan dan pengamanan yang dilakukan Polres Jayawijaya terus dilakukan.
“Memang saat kejadian ada beberapa warga yang ada di asolokobal dan sekitarnya kami sudah ungsikan ke wilayah Tulem,” kata Kapolres Jayawijaya.

Dijelaskan, pertikaian yang terjadi sudah diselesaikan di Kabupaten Yahukimo, sehingga tidak perlu dikuatirkan akan berdampak di Kabupaten Jayawijaya.

Dikatakan, dari pertemuan-pertemuan yang dilakukan, dirinya juga sudah memberikan pemahaman kepada kelompok pemimpin dan masyarakat agar jangan muda terprovokasi dengan isu-isu yang tidak benar, hal ini harus dilakukan karena kita ketahui bersama bahwa masalah ditempat lain bisa dikembangkan di tempat lain.

Terkait kejadian di Yahukimo, dirinya akan mengeluarkan himbauan resmi lewat media dan mengumpulkan tokoh adat dan masyarakat untuk menyampaikan himbauan terkait menjaga kedamaian dan keamanan di Kabupaten Jayawijaya.(NP)

Bagikan :

News Feed