oleh

Kementrian Keuangan Mengajar Di Jayapura

banner

“Sehari Mengajar, Menginspirasi Selamanya”

JAYAPURA-Kawattimur, Untuk mengajarkan para siswa peran Kementrian Keuangan (Kemenkeu) dalam upaya menjaga ekonomi negeri, para pegawai Kementrian turun langsung ke beberapa sekolah dasar yang ada kota Jayapura yakni SD VIM 1 Kotaraja, SD HAmadi 1, SD Hamadi 2, SD Tanjung Ria. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan profesi yang ada di Kemenkeu dengan metode ajar pedagogik.

Kepala Bidang P2Humas Kanwil DJP Papua dan Maluku, Normaidin Budiman Salim mengatakan, pada hari mengajar pihaknya akan menggantikan peran Bapak dan ibu guru yang mengajar di sekolah tersebut. “Sebelum mengajar, kami sudah dibekali dengan pengetahuan mengenai pedagogical skillls for classroom management atau dapat disebut sebagai seni mengajar di kelas, bagaimana guru berinteraksi dengan siswa dan juga lingkungan sosialnya melalui hal-hal yang menyenangkan,” jelasnya kepada wartawan di Jayapura Senin (22/10).

Normaidin menjelaskan pihaknya memilih sekolah di daerah atau wilayah masing-masing tidak ada kriteria khusus, dimana setiap unit kerja kantor yang berada di bawah Kementerian Keuangan menyelenggarakan kegiatan yang sama meskipun lokasinya berada di remote area( terpencil).

“Kami disambut baik dari pihak sekolah, kami berharap dalam program mengajar ini merupakan salah satu sarana inklusi pajak di setiap sekolah, selain itu kami juga berharap setiap peserta yang hadir dapat mengenal dan mengetaui manfaat pajak di lingkungan sekitar,” ujarnya.

Kemenkeu Mengajar adalah salah satu contoh policy entrepreneurship di lingkungan birokrasi. Gerakan ini lahir dari inisiatif tiga orang pegawai sebagai sebuah bottom up initiative yang kemudian mendapatkan dukungan luas dari para pimpinan hingga di level tertinggi, yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Tahun ini, Kemenkeu mengajar akan diselenggarakan di 174 SD dan menyentuh 58799 siswa. Jumlah relawan Kemenkeu Mengajar tahun ini sebanyak 3562 relawan yang terdiri atas pejabat dan pelaksana dari sebelas unit eselon I. (Tan).

banner
Bagikan :

News Feed