oleh

Bantuan Rp 4,2 Miliar Bagi Korban Gempa Palu Diserahkan

Jayapura – Kawattimur, Pemerintah Provinsi Papua resmi menyerahkan bantuan dana Rp. 4,2 Miliar kepada korban bencana gempa dan tsunami di Kota Palu, Sigi dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Bantuan korban gempa Palu ini diserahkan Asisten I Bidang Pemerintah Sekda Provinsi Papua didamping Kepala BPBD Provinsi Papua,Welliam Manderi diterima langsung Gubernur Sulteng, Longki Djanggola dan Sekda Sulteng, Mohamad Hidayat di Kantor Gubernur Provinsi Sulteng, Senin (22/10/2018).

“Ya Pemerintah Provinsi Papua bersama masyarakat Papua dan para Bupati se-Tanah Papua telah menyerahkan bantuan dana sebesar Rp. 4,2 Miliar dan logistik kepada korban Palu,” kata Doren Wakerkwa setelah menyerahkan bantuan di kantor Gubernur Sulteng.

Dikatakan, bantuan dana sudah ditrasfer langsung ke Rekening Pemerintah Provinsi Sulteng demikian juga logistik sudah diterima korban gempa Palu melalui pemerintah daerah setempat.

“Jadi, ini merupakan bentuk kepedulian kita sebagai warga Negara Indonesai di bagian timur kepada keluarga korban yang ada di Palu, Sigi dan Donggala yang terkena dampak langsung akibat gempa dan tsunami,” ujarnya.

Doren Wakerkwa juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Sulteng, karena mau menerima dan melindungi anak-anak Papua yang menempuh pendidikan di Kota Palu.

“Kita banguan suatu kerja sama yang penuh kekompakan karena kami merasa memiliki Palu, demikan Palu juga memiliki rasa Papua sehingga tentu kita terus bangun kebersamaan Pemerintahan kedepan yang lebih baik dari sekarang ini,” katanya.

Apa yang terjadi saat ini, kata Doren, merupakan cobaan yang diberikan Tuhan dan masyarakat Sulteng harus kuat menghadapinya.

“Mungkin bantuan yang kita berikan ini tidak cukup banyak,tetapi sekiranya bisa meringankan beban Pemerintah Sulteng untuk kembali memulihkan kondisi masyarakat termasuk pembangunan kembali infrastuktur Pemerintahan dan perumahan rakyat,” ujarnya.

Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Papua yang telah berpartisipasi memberikan dukungan baik dalam bentuk barang maupun uang kepada masyarakat Sulawesi Tengah yang tertimpa Bencana.

“Saya kira bantuan ini sangat berarti sekali dan tidak ada kata yang pantas kami ucapkan. Hanya salam hormat kami kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe dan seluruh jajaran Pemerintahnya serta masyarakat Papua. Tentu semua bantuan ini akan kami gunakan dan salurkan untuk membantu masyarakat yang kena dampak bencana,” kata Gubernur Longki.

Longki mengaku bantuan Pemprov Papua sangat berarti sekali bagi Pemerintah dan masyarakat Sulteng, semoga Tuhan yang Maha Kuasa dapat membalas semua bantuan yang diberikan.
“Jadi tentu saja bantuan ini sangat bermanfaat sekali.Sekali lagi kami menyampaikan rasa terima kasih kami kepada Pemprov Papua yang begitu peduli dengan masyarakat Sulteng yang tertimpa musibah ini,” katanya.

Dikatakan, saat ini kondisi di Palu, Sigi dan Donggala terutama masyarakat yang terkena dampak begitu besar berangsur-angsur sudah mulai membaik dan aktifitas Pemerintahan juga sudah berjalan baik.

Kemudian masyarakat juga sudah beraktifitas seperti biasa walaupun pada saat ini di beberapa titik pihaknya masih menemukan pengusi yang belum bisa kembali ke tempat tinggalnya karena rumah mereka sudah tidak ada.

“Memang masih ada masyarakat di pengusian saat ini dan sesuai rencana Pemerintah akan siapkan mereka hunian sementara untuk mereka tinggal sambil nanti dibangunkan hunian tetap yang layak,” jelasnya. (bm)

Bagikan :

News Feed