oleh

Kewirausahaan Pemuda Diharap Tekan Angka Pengangguran

Wamena Kawattimur, –Pemerintah Kabupaten Jayawijaya mengharapkan, Kegiatan Pelatihan Kewirausahan Tingkat Dasar Bagi Pemuda Tahun 2018 yang digelar Diaspora Kabupaten Jayawijaya dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupten Jayawijaya.

Harapan itu disampaikan Asisten I Setda Kabupaten Jayawijaya, Drs. Tinggal Wusono usai pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Kewirausahan Tingkat Dasar Bagi Pemuda Tahun 2018 yang digelar di ruang rapat kantor Bapeda Kabuaten Jayawijaya, Selasa (23/10/2018).

Dijelaskan, pelatihan kewirausahaan pemuda ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan minat pemuda untuk berwirausaha sehingga dapat mengurangi pengangguran kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat pemuda dalam dunia kewirausahaan dan meningkatkan daya saing bagi wirausaha muda yang baru merintis usaha.

Menurutnya, fenomena pengangguran dl kalangan terdidik, selain disebabkan karena terbatasnya lapangan pekerjaan, juga disebabkan karena tidak sinkronnya kualifikasi lulusan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja/usaha serta rendahnya tingkat kewirausahaan yang dapat dihasilka dari pendidikan.

Untuk itu, kewirausahaan khususnya di dunia pengembangan usia pemuda melalui kegiatan pelatihan harus terus digalakkan sebagai salah satu unsur penting dalam upaya menciptakan wirausaha muda yang tangguh adalah melalui kewirausahaan merupakan salah satu dimensi penting dalam membentuk jiwa pemuda indonesia, disamping jiwa kepemimpinan dan kepeloporan sebagaimana termuat dalam tujuan pembangunan kepemudaan Pasal 3, Undang-Undang (uu) no. 40 Tahun 2009.

Selain itu juga, pelatihan kewirausahaan pemuda merupakan amanat dari pasal 27 undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang pengembangan kewirausahaan pemuda yang bertujuan untuk mengembangkan potensi keterampilan pemuda dan kemandirian berusaha.

Kepala Bidang Pengembangan Kepemudaan Dinas Diaspora Kabupaten Jayawijaya, Jhon Walela menungkapkan, peserta kegiatan Pelatihan Kewirausahan Tingkat Dasar Bagi Pemuda diikuti oleh keterwakilan pemuda-pemudi desa yang ada di Kabupaten Jayawijaya yang memiliki usaha ternak babi, usaha kios, rental pengetikan serta usaha lainnnya yang dikelola oleh para pemuda dan pemudi di Kabupaten Jayawijaya.

Jelas Jhon, tujuan dari kegiatan ini sendiri ialahmemberikan pelatihan kepada perkumpulan pemuda desa guna memberikan bekal kemampuan untuk dapat dikembangkan sebagai basis kewirausahan.

Selain itu juga, kegiatan yang dilaksanakan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi para pemuda yang ada di Kabupaten Jayawijaya dan dapat membekali para pemuda untuk dapat mengembangkan keterampilannya yang dimilikinya sehingga dapat digunakan dalam usaha dan kehidupan mereka sehari-hari.(NP)

Bagikan :

News Feed