oleh

Suksekan PON Papua, Wakil Gubernur Klemen Tinal Road Show Kesejumlah Kementerian

banner

Jayapura-Kawattimur, Guna mensukseskan pelaksanaan PON di Papua tahun 2020, Pemerintah Provinsi Papua dipimpin langsung Wakil Gubernur melakukan Road Show ke sejumlah Kementerian di Jakarta, Kamis 8 November.

Turut mendampingi orang nomor 2 di Papua itu, Sekda Herry Dosenai, Ketua MRP Timotius Murif dan beberapa OPD.

Pemerintah Provinsi Papua dipimpin langsung Wakil Gubernur melakukan Road Show ke sejumlah Kementerian di Jakarta.

Dalam kunjungannya ke Kementerian Perhubungan, Wakil Gubernur diterima langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi.

“Kementerian Perhubungan akan mendukung penuh pelaksanaan PON 2020 dengan memberikan armada transportasi di lima Cluster PON di Kabupaten Mimika, Merauke, Jayawijaya, Biak Numfor, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura maupun Kabupaten penyangga PON XX di Provinsi Papua,”ujar Menteri.

Pemerintah Provinsi Papua dipimpin langsung Wakil Gubernur melakukan Road Show ke sejumlah Kementerian di Jakarta

Jadi, lanjut Menteri, pihaknya akan mendukung sesuai apa yang menjadi tigas dan fungsi Kementerian. “Kami siap menyediakan bus, maupun kapal yang bisa dijadikan sebagai hotel terapung,”terangnya.

Kementerian Perhubungan juga akan mengundang operator maskapai untuk membahas penambahan rute penerbangan ke wilayah Papua, khususnya lokasi – lokasi penyelenggaraan PON XX tahun 2020 mendatang.

“Jelas, kita semua mendukung PON di Papua dan akan menambah extra flight ke lima wilayah Papua yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON 2020,” katanya.
Terkait harga tiket, kata Menhub, semua itu akan ditertibkan dan akan memanggil operator penerbangan untuk mendukung pesta olahraga nasional empat tahun ini,” jelas Budi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Recky Douglas Ambrauw, mengatakan, Dishub Papua akan menindaklanjuti apa yang telah menjadi komitmen Kementerian Perhubungan dalam mendukung PON XX.

“Kami akan lakukan pertemuan dengan Dirjen Udara dan Laut untuk menindaklanjuti pertemuan ini serta surat yang telah disampaikan sebelumnya,” kata Recky.

Dikatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Darat Direktorat Transportasi dan Moda mendapat respon positif.

Pemerintah Provinsi Papua dipimpin langsung Wakil Gubernur melakukan Road Show ke sejumlah Kementerian di Jakarta

“Untuk perhubungan darat hasil pertemuan sebelumnya sangat bagus dan mereka merespon akan segera membentuk tim untuk koordinasi kerjasama dengan kami untuk kebutuhan transportasi darat,” ujarnya.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, sempat menjelaskan hasi dari kunjungan ke Kementrian dan lembaga terkait.

Selaku pimpinan delegasi Papua, Wagub Tinal mengatakan sambutan dua kementerian yang dikunjungi delagasi Papua sangat baik.

“Hal yang kami sampaikan menyangkut PON. Jadi seperti yang Pak Gubernur (Lukas Enembe-red) sudah sampaikan sebelumnya, dua tahun ini kita fokus pada PON. Supaya PON di Papua, benar – benar bisa membawa dampak yang baik buat Papua dan Indonesia,”ucapnya.

Sebagai penyelenggara, Papua harus mencapai tiga sukses yaitu, sukses tuan rumah, sukses prestasi dan administrasi.
Untuk sukses tuan rumah, sudah disiapkan lima cluster.

Demi suksesnya perhelatan pesta olahraga empat tahunan ini, untuk sukses tuan rumah dan prestasi tentunya memerlukan biaya untuk membangun Venue maupun perangkat – perangkat yang mensupport akan hal itu.

“Koordinasi dengan Kementerian terkait, agar mereka siap untuk membantu sepenuhnya kebutuhan yang diperlukan demi suksesnya PON ini,”kata Klemen Tinal.

Jadwal seanjutnya Rombongan Wakil Gubernur akan menemui Menteri Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Pariwisata. (bm)

banner
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed