oleh

Proses Seleksi Penerimaan CPNS Papua Bakal Diselenggarakan Desember Mendatang

banner

Jayapura – Kawattimur, Proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil formasi 2018 di Provinsi Papua belum ada kepastian dan masih menunggu keputusan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrsi.
Asisten III Bidang Umum Sekda Provinsi Papua, Elysa Auri, SE.,MM, mengatakan sampai sekarang belum ada kepastian kapan pelaksanaan penerimaan CPNS di Papua setelah Gubernur dan para Bupati/Walikota se – Provinsi Papua telah sepakati bersama Presiden Jokowi di Istana bogor untuk sistem offline dalam penerimaan CPNS di Provinsi Papua.


“Jadi, sampai sekarang kami belum tahu kapan pelaksanaan seleksi CPNS di Provinsi Papua,” kata Elysa Auri saat membuka kegiatan validasi peta kebutuhan instansi pemerintah sebagai dasar dalam penetapan kebutuhan pegawai negeri sipil tahun 2019 di hotel Horison, Kota Jayapura, Selasa (13/11/2018).

Menurut Auri, belum kepastian kapan pelaksanaan tes CPNS di Provinsi Papua bisa menjadi dampak sosial bagi masyarakat di Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten/Kota.
“Ini akan menjadi masalah sosial baik kita di Provinsi maupun Kabupaten/Kota karena sampai dengan kita punya masyarakat tahu bahwa ada penerimaan CPNS tapi belum ada kepastian untuk penerimaan CPNS formasi 2018,” ujarnya.

Selain itu, kata Elysa Auri, penerimaan seleksi CPNS di Provinsi Papua masih menunggu hasil tes CPNS tingkat Kementerian setelah itu ada pertemuan Menteri PAN-RB bersama Sekda dan Kepala BKD Kabupaten/Kota se – Provinsi Papua dan Papua untuk membahas secara teknis proses penerimaan seleksi CPNS di tanah Papua.

“Memang kami sudah cek di BKN dan Kanreg BKN Papua itu jawaban masih menunggu tes CPNS tingkat Kementerian baru di bahas tata cara seleksi CPNS di Provinsi Papua dan Papua Barat tahun 2018,” katanya.
Konsultan MenPAN – RB Republik Indonesia, Edison Sembiring, mengatakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia pastikan Proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil formasi 2018 di Provinsi Papua bulan Desember 2018.

Menurut Sembiring, dirinya tidak berani mendahului kebijakan pimpinan tapi hanya bisa menjawab yang bersifat normative terkait proses penerimaan CPNS jalur umum dan jalur P3K.
“Saya tidak berani menyampaikan kapan pelaksanaan CPNS. nanti kalau saya jawab bisa menjadi sebuah kesalahan fatal, tetapi saya bisa memberikan gambaran saja bahwa penerimaan CPNS di Papua tidak lewat dari bulan Desember 2018 karena itu sehubungan dengan penganggaran yang berlaku di negeri ini,” kata Edison Sembiring menjawab pertanyaan Pemerintah Provinsi Papua terkait kapan pelaksanaan seleksi CPNS 2018 di Papua.

Dijelaskan, kegiatan validasi data kebutuhan PNS sangat penting sekali sehingga kita bisa tahu sejauh mana kebutuhan pegawai pada instansi di Pemerintah Provinsi Papua.

“Saya harapkan kegiatan validasi peta kebutuhan pegawai dari Provinsi sampai Kabupaten/Kota bisa dapat memberikan satu rekomendasi agar Menpan – RB bisa tahu jumlah kebutuhan pegawai sesuai dengan peta kebutuhan pegawai di instansi Kabupaten/Kota,” jelasnya. (bm)

banner
Bagikan :

News Feed