oleh

Puskesmas di Wamena Terima Kendaraan Operasional

banner

Wamena Kawat Timur, – Sebanyak 5 Kepala Puskesmas yang ada di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya, Senin (12/11/2018) menerima kendaraan operasional roda dua Merek Yupiter.

Pemberian kendaraan operasional Puskesmas itu dilakukan di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya usai pelaksanaan HUT Hari Kesehatan Nasional, dan diberikan langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si.

Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si, usai menyerahkan kendaraan operasional itu mengungkapkan, pemerintah Jayawijaya terus mendukung kinerja kepada Puskesmas di tingkat Distrik dan kampung dalam hal meningkatkan pelayanan kesehatan.

Jelas Banua, pemberian motor kepada kepala Puskesmas diharapkan dapat meniangkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, baik pelayanan imunisasi hingga kampung-kampung.
“Kalau kita lihat luas wilayah pelayanan di tingkat kampung itu sangat luas, sehingga kita perlu memberikan dukungan kepada kepala puskesmas,” ungkap Wakil Bupati Jayawijaya.
Dirinya menilai, dalam pemberian kendaraan operasional, haruslah disesuaikan dengan tingkat kesulitan daerah dan wilayah kerja Puskesmas, dengan tujuan agar kendaraan yang diberikan bisa digunakan sesuai dengan peruntukannya.

“Kita harus pengadaan motor harus sesuai dengan medan yang ada, kalau kita kasih motor untuk distrik Popukoba dan itlay hisage, itu saya kira tidak sesuai sekali,” ungkap Wakil Bupati Jayawijaya.

Dijelaskan, untuk peningkatan pelayanan yang maksimal, pemerintah Kabupaten Jayawijaya melalui dinas kesehatan akan memberikan bantuan kendaraan operasional kepada setiap puskesmas yang ada di Wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya.

Seentara itu, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya, dr. Willy Mambiuw menjelaskan, penyerahan motor yang dilakukan dinas kesehatan bertujuan untuk mendongkrak peningkatan pelayanan kesehatan di tingkat distrik dan kampung.

Dijelaskan, pemberian kendaraan operasional kepada kepala puskesmas sudah dilakukan tahap kedua, dimana sudah 10 kendaraan roda dua telah diberikan kepada kepala puskesmas yang capaian pemberian imunisasi campak, rubella dan polio telah mencapai 95 persen.

Menurutnya, dinas kesehatan akan memberikan kesempatan kepada setiap kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Jayawijaya, karena masih ada satu kali pemberian kendaraan operasional Puskesmas sebanyak 12 motor, dan hal itu akan dilakukan pada tanggal 10 Desember yang bertepatan dengan ulang tahun kota Wamena.

Diakui, untuk saat ini memang pencapaian imunisasi di wilayah kerja dinas kesehatan belum mencapai kuota yang diinginkan, namun dengan waktu satu bulan yang diberikan pemerintah Pusat, dirinya berharap kepada kepala puskesmas untuk bisa menyelesaikan pemberian vaksin MRP.(NP)

banner
Bagikan :

News Feed