oleh

Menteri BUMN dan Gubernur Sepakat Bakal Bentuk Tim Khusus PON XX

Jakarta – Kawattimur, Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Papua menyepakati pembentukan tim khusus untuk bekerjasama menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 di Tanah Papua.

“Kami kan akan melihat programnya semua. Jadi tadi saya sudah bilang ke Pak Gubernur, marilah kita membentuk tim untuk kemudian melihat apa – apa saja yang masih dibutuhkan yang perlu kita sebagai BUMN bantu secara menyeluruh,” kata Menteri BUMN, Rini Soemarno, usai melakukan pertemuan bersama delegasi yang dipimpin langsung Gubernur Papua Lukas Enembe, didampingi Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, Sekertaris Daerah Papua T.E.A Hery Dosinaen, bersma pimpinan OPD di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Menteri Rini mengaku akan mendorong seluruh BUMN di Indonesia untuk mensuport pelaksanaan PON di Papua dan juga mempromosikan potensi pariwisata di Bumi Cenderawasih sehingga masyarakat Indonesia secara luar mengenal Papua secara menyeluruh.

“Kementerian BUMN secara menyeluruh akan bersinergi untuk mensukseskan PON di Papua. Tentunya tidak terlepas juga kita melihat potensi pariwisata sehingga masyarakat Indonesia secara luas mengenal Papua,”ujar Menteri.
Selain itu, pesta olahraga nasional empat tahunan ini digunakan untuk mempromosikan obyek – obyek wisata Papua. “Tentunya tidak terlepas, saya juga melihat bahwa bagaimana daerah – daerah pariwisata. Sehingga masyarakat Indonesia secara luas dan makin bisa mengetahui Papua secara menyeluruh,” katanya.
Untuk itu harus segera dibentuk tim terlebih dahulu untuk melihat apa – apa saja yang akan dilakukan. Pasalnya BUMN ini selalu bersinergi seluruhnya.

Foto bersama.

“Tentunya juga kita meminta kepada Freeport untuk memberikan dukungan sepenuhnya. Tetapi seperti juga Telkom, Pertamina dan Perbankan kita pasti juga akan mendukung,” ujarnya.
Sementara itu, Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP.,MH, mengapresiasi langkh Menteri BUMN yang menyarankan pembentukan tim kerja PON XX.

“Kalau untuk pelaksanaan PON XX, Menteri Rini Sumarno sangat memahami dan respek kepada kita. Artinya dia sudah mengetahui. Sebelum berbicara dia sudah katakan dia sudah nyampaikan mendukung pelaksanaan PON. Saya harus menggerakkan semua BUMN di lingkungan dia termasuk salah satunya yakni PT Freeport yang memang bekerja di Papua,” kata Lukas Enembe.

Namun ditegaskannya lagi, nantinya bukan hanya PT Freeport saja yang membantu. Tetapi semua BUMN di Indonesia akan dilibatkan untuk membantu pelaksanaan PON di Papua.
Diketahui kunjungan Delegasi Papua ke Kementerian BUMN ini sebagai bagian dari road show untuk menyukseskan PON XX tahun 2020.

Sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2017 Tentang Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX Dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua, Presiden menginstruksikan Menteri Badan Usaha Milik Negara untuk memfasilitasi pemberian dukungan oleh BUMN dalam sponsorship dan promosi PON XX dan PEPARNAS XVI.

Juga Memfasilitasi pemberian dukungan oleh BUMN di bidang kebandarudaraan dan kepelabuhanan untuk menyediakan fasilitas penyambutan (hospitalitg).
Memfasilitasi pemberian dukungan BUMN di bidang kelistrikan dan Telekomunikasi untuk meningkatkan/memperluas jangkauan layanannya dalam mendukung PON XX dan PEPARNAS XVI dan memfasilitasi pemberian dukungan oleh BUMN di bidang transportasi untuk logistik dan kapal terapung. (bm)

banner
Bagikan :

News Feed