oleh

Saranaprasarana Dan SDM Acuan Akreditasi Puskesmas Asolokobal

banner

Wamena Kawat Timur, – Ketua TIM Akreditasi Puskesmas Asolokobal drg. Wahyu Erawaty, M.AP mengungkapkan, saranaprasarana dan peningkatan kualitas SDM tenaga Puskesmas menjadi acuan Akreditasi Puskesmas.

Hal ini berdasarkan dari element penilai 776 dari sisi administrasi manajement melihat bahwa masih ada beberapa sarana dan prasarana yang perlu ditingkatkan sesuai dengan standar yang ditentukan oleh kementerian, serta peningkatan SDMnya juga harus ada beberapa yang perlu mendapatkan pelatihan.

“Memang harus ada beberapa yang ikut pelatihan, karena kemarin di Asologaima itu kekurangan tenaga Gizi, Kesling dan layanan dokter gigi tidak ada,” kata drg. Wahyu Erawaty.

Namun dari pihaknya memberikan acungan jempol kepada tenaga kesehatan yang ada, karena dengan segala tantangan yang ada mereka tetap bergerak, karena kita ketahui bersamabahwa tujuan dari akreditasi ialah meningkatkan kinerja dan memberikan perlindungan baik dari para petugas, peningkatan mutu Puskesmas yang berkesinambungan hingga tiga tahun kedepan.

Untuk menuju akreditasi Puskesmas, dirinya berpesan kepada pemerintah jayawijaya untuk dapat memberikan perhatian yang cukup terhadap peningkatan sarana dan prasarana dan harus melakukan monitoring berkelanjutan terhadap Puskesmas di Kabupaten Jayawijaya.

“Jadi sumber daya manusia yang penting dengan segala motifasinya, karena bagusnya bangunan gedung tetapi tidak ada SDMnya maka tidak akan sesuai dengan SOP,” ungkap drg. Wahyu Erawaty.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE.M.Si mengungkapkan, pencapaian yang sudah dilakukan oleh Puskesmas sudah mencapai 95 persen, walaupun masih ada kekurangan yang tentunya akan dibenahi dalam waktu tidak lama.

Menurutnya, pemerintah Jayawijaya akan berupaya untuk segera memenuhi beberapa kebutuhan dan fasilitas yang dirasakan kurang, sehingga Puskesmas Asologaima dan Asolokobal bisa terkareditasi.

Selain pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendukung kerja di Puskesmas, Banua memastikan akan memenuhi dan melengkapi adanya kekurangan tenaga petugas kesehatan yang bekerja di Puskesmas.

Dijelaskan, pemerintah Kabupaten Jayawijaya pada tahun depan akan mendorong agar 2 Puskesmas yang ada di Wilayah Kabupaten Jayawijaya mendapatkan akreditasi, dan dua Puskesmas yang sudah di dorong oleh pemerintah Jayawijaya ialah Puskesmas Hom-Hom Distrik Hubikiak dan Puskesmas Walelagama Distrik Walelagama.(NP)

banner
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed