oleh

Alasan Cuaca, Evakuasi Jenasah Terpakasa Dialihkan Ke Timika

banner

Wamena Kawat Timur, – Adanya alasan pegaruh cuaca, akhirnya dengan terpaksa 16 jenasah korban PT. Istaka Karya yang telah ditembak oleh KKB dan telah berhasil di temukan harus di evakuasi ke Kabupaten Timika.

Sebelumnya dalam konferensi pers yang dilakukan oleh Kabid Humas Polda Papua di Aula Yan Reba Polres Jayawijaya mengungkapkan, jenasah korban yang telah ditemukan akan dievakuasi ke Kabupaten Jayawijaya, karena banyakkeluarga yang berada di Kabupaten Jayawijaya.

“Kami melihat dengan faktor cuaca dan ketersediaan tenaga medis dan peralatan yang kurang menunjang di Wamena maka kami terpaksa mengalihkan evakuasi ke Timika,” Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Y.P Sembiring saat hendak bertolak ke Timika dari Bandara Wamena, Kamis (6/12/2018).

Dijelaskan, faktor cuaca sangat mendukung di lakukannya evakuasi dan soal jarak memang Wamena lebih dekat, namun faktor cuacanya tidak mendukung sehingga harus dilakukan evakuasi ke Kabupaten Timika.

“Yang jelas semua itu hanya demi keamanan. Keluarga korban semuanya akan difasilitasi, bukan hanya untuk kembali ke Wamena ada yang akan dikirim ke Makassar, ke Medan semua akan difasilitasi,” katanya.

Menurutnya, bagi keluarga yang ikut akan ditanggung semua oleh pihak TNI, baik dari Wamena dan juga yang berasal dari luar Papua.

Dalam melakukan evakuasi di lokasi kejadian, pihak keamanan sudah berada dan berjaga ketat di sana, dengan upaya memberikan jaminan keselamatan dan keamanan petugas saat melakukan evakuasi korban.

Diakuinya, saat ini Panglima TNI dan Wakapolri sudah berada di Kabupaten Timika dan nantinya akan menjemput langsung korban di Bandar Udara Moses Kilangin Timika.

“Jadi yang dibawa ke Timika 16 jenazah, empat orang selamat dari PT Istaka Karya, dua orang pekerja di SMP, enam orang di Puskesmas, ditambah satu orang teknisi Telkom yang membuat jaringan itu selamat semua,” kata Pangdam.

Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol Martua Sormin memastikan bahwa kepolisian telah menyiapkan seluruh tim forensik ke Timika guna melakukan otopsi jenazah dan semua akan dilakukan di Kabupaten Timika.

Sebelumnya, puluhan peti jenasah kosong telah dimuat oleh aparat keamanan gabungan ke Pesawat Herkules TNI yang nantinya akan diterbangkan ke Timika.(NP)

banner
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed