oleh

Warga Wouma Gelar Mubes Bahas Masalah Sosial

banner

Wamena Kawat Timur, – Warga masyarakat Distrik Wouma Kabupaten Jayawijaya yang terdiri dari tokoh Adat, Agama dan Pemerintah meggelar kegiatan Musyawarah Besar dalam rangka membahas permasalahan Sosial yang selama ini terjadi di Wilayah Distrik Wouma.

Kegiatan Musyawarah Besar itu di Prakarsai langsung oleh Intelektual asal Distrik Wouma Kabupaten Jayawijaya yang dibuka langsung oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dalam hal ini Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Marthin Yogobi, SH.M.Hum yang di pusatkan di lapangan Sepak Bola Distrik Wouma Kabupaten Jayawijaya, Senin (7/1/2019).

Dalam kegiatan Mubes yang dilaksankan di lapangan sepak bola distrik Wouma Kabupaten Jayawijaya mengangkat tema “Orang Wouma hendak menata diri dan lingkunngannya demi keselamatannya hariini, esok dan selamanya,”.

Ketua Pelaksanaan Mubes Warga Wouma, Kaitanus Ikiniak mengungkapkan, melihat latar belakang Distrik Wouma untuk beberapa tahun kebelakang, keadaan di Distrik Wouma dalam keadaan aman dan damai, namun semua keadaan dan kedamaian itu beruabah disaat anak-anak muda asal Distrik

Wouma sedang menempuh pendidikan di luar kota Wamena.
Untuk pelaksanaan Mubes itu sendiri, tim kerja intelektual asal Wouma sudah bekerja dari bulan November dengan melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat yang ada di Distrik Wouma sehingga kegiatannya baru dapat dilaksankan pada bulan Januari 2019.

Dijelaskan, Mubes yang dilaksanakan kaliini bertujuan untuk nantinya dapat menghasilkan aturan-aturan yang dapat diberlakukan dan ditaati oleh setiap warga masyarakat yang berdomisili di Wilayah Distrik Wouma Kabupaten Jayawijaya.

Dalam Mubes yang dilaksanakan, akan dibahas masalah-masalah sosial yang selama ini telah dan sedang terjadi, salah satunya ialah masalah penggalian material pasir dan batu di sepanjang Kali Uwe.

Selanjutnya, aturan yang telah dibuat dan disepakati bersama dalam Mubes nanti akan dibawah untuk di sampaikan kepada pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Marthin Yogobi, SH.M.Hum saat membuka kegiatan Mubes itu memberikan apresaisi kepada kaum Intelektual Asal Distrik Wouma yang telah menggelar kegiatan Mubes.

Diakui Wabup Mrthin, kegiatan Mubes yang di prakarsai oleh kaum Intelektual asal Distrik Wouma merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksankan di seluruh Wilayah Kabupaten Jayawijaya dengan mengumpulkan tokoh adat, Agama dan Pemerintah guna membahas permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan Distrik Wouma.

Dirinya berharap, kegiatan yang dilaksankan oleh pemuda kaum Inntelektual Distrik Wouma merupakan contoh yang baik, sehingga sangat penting untuk di contohi oleh pemuda dan pemudi yang ada di Distrik lain di Kabupaten Jayawijaya.(NP)

banner
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed