oleh

Kompetisi Divisi Utama Persipura Bakal Digelar Lagi

JAYAPURA Kawattimur,- Setelah sempat vakum selama kurang lebih 11 tahun, kompetisi divisi utama Persipura bangkit dari mati suri dan akan segera bergulir kembali dengan nama Koteka Cup, yang dijadwalkan berlangsung mulai 3 Maret 2019 mendatang.

Kompetisi yang menjadi wadah untuk melahirkan pemain-pemain potensial ini akan melibatkan 16 klub-klub lokal di Kota Jayapura.

Ketua Umum Koteka FC Yan Ukago mengatakan, kompetisi Persipura terakhir digelar tahun 2008. Dan pihaknya sangat berinisiatif menggelar kompetisi Koteka Cup pertama dengan melibatkan tim-tim divisi utama Persipura.

“Kami sudah bertemu dengan ketua umum Persipura Jayapura, Bapak Benhur Tomi Mano, dan beliau sangat mendukung kompetisi ini,” ujar Jan Ukago kepada Pers di Jayapura, Jumat, 15 Februari 2019.

Dirinya mengungkapkan, tujuan digelarnya kompetisi tersebut untuk kembali melahirkan pemain-pemain terbaik yang akan diproyeksikan masuk dalam tim Persipura, bahkan juga diharapkan Asprov PSSI Papua bisa melihat pemain muda Papua yang bisa direkrut masuk dalam tim sepakbola PON Papua.

“Kita harapkan dari kompetisi ini bukan saja pemain yang bisa masuk ke tim Persipura, untuk menjadi pengganti Boas Selossa dkk, tetapi juga dari kegiatan ini akan muncul pemain sepak bola potensial yang masuk dalam tim sepakbola PON Papua,” ungkapnya.

Sementara itu, tokoh intelektual pegunungan tengah dan mantan pemain Persipura, Yohanes Songgonau berharap kompetisi yang diramaikan oleh tim-tim tua di Kota Jayapura ini bisa menghasilkan pemain terbaik yang akan disumbangkan ke Persipura sebagai cikal bakal pengganti pemain senior Persipura maupun untuk tim sepakbola PON Papua sendiri.

“Barometer sepakbola di Papua itu ada di Kota Jayapura, harapan saya tim yang ikut terlihat bisa bertanding dengan fair play,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Carolino Ivakdalam, menurutnya kompetisi Persipura harus kembali digelar, karena sudah menjadi tradisi pemain Persipura itu lahir dari kompetisi antar klub di Kota Jayapura.

Bahkan dirinya juga membandingkan dengan dua klub Liga 1 di pulau Jawa seperti Arema dan Persebaya yang memiliki kompetisi internal dibawahnya setiap tahun berjalan, sehingga mereka tidak kesulitan mencari pemain.

“Walaupun Persipura sekarang sudah menjadi klub profesional, tapi kita jangan lupa kalau selama ini pemain Persipura itu datang dari klub-klub divisi utama Persipura,” paparnya.

Adapun 16 tim yang ikut terlibat dalam kompetisi Koteka Cup tahun 2019 yang terbagi dalam 4 grup yakni Megapura Star, RBC SPN, Volta PLN, Oksibil FC, Venus FC, Cenderawasih FC, Elang Brimob, Samba APO Jayapura, Maren FC, Tunas Muda Hamadi, PS AD, Injros FC, PSK Kayu Pulo, Ciput FC, Koteka FC dan Putra Pasifik. (get)

Bagikan :

News Feed