oleh

Pemerintah Kota Jayapura Gelar Operasi Non Yustisi, Sasaran Yang Belum Miliki E-KTP

JAYAPURA,Kawattimur-
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota jayapura (Disdukcapil) Kota Jayapura kembali melakukan Oeprasi Non Yustisi di Kelurahan Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Sabtu (16/02/2019).

Dalam operasi ini sasaran yang akan di data yakni rumah penduduk dan rumah kost bagi warga yang belum melakukan perekaman KTP-el dan Penduduk Non Parmanen sekaligus melayani pembuatan dokumen kependudukan lainnya.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano,menyampaikan, Pemerintah terus berupaya menuntaskan perekaman e-KTP di 5 Distrik yang ada di Kota Jayapura dan ini sudah menjadi komitmen bersama mulai dari di tingkat Distrik, Kelurahan, Kampung hingga RT/RW.

Untuk itu dia Berharap peran aktif Kelurahan dan RT/RW untuk menuntaskan perekaman e-KTP termasuk penduduk Non Parmanen khususnya di Distrik Heram yang menurut data Disdukcapil Kota Jayapura masih belum berjalan dengan baik.

“Semua wajib miliki e-KTP sebagai tanda bukti diri bahawa dia adalah warga kota jayapura. Hari ini kami akan lakukan penyisiran dari rumah ke rumah I kelurahan waena. Kita dengan santun menghimbau dan mengajak warga untuk melakukan perekaman ,”harapnya

Sementars itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota jayapura (Disdukcapil) Kota Jayapura, Dr. Merlan Uloli, MM mengatakan 0perasi Non Yustisi yang dilakukan merupakan tindak lanjut dari operasi sebelumnya pasca pemblokiran yang dilakukan pada Desember 2018 lalu melalui pendekatan secara kekeluargaan.

“Ini yang pertama di tahun ini, kita lakukan Operasi terhadap warga yang belum memiliki e-KTP, dan penduduk Non Parmanen atau mereka yang tidak mendaftar melalui aplikasi e-Wainambey yang telah kita sediakan ,”katanya

Ia juga menghimbau kepada warga setempat yang bukan penduduk tetal di Kota Jayapura untuk segera mengurus melalui aplikasi E-Wanimbey atau bisa di lakukan kepengurusan secara manual di Dukcapil.

“Saat ini sudah ada 400an lebih yang sudah mendata di E-Wanimbye dan ada 200 an yang sudah selesai di laynani,jadi yang hanyan penduduk sementara bisa mendaftar untuk di data melalui aplikasi tersebut,”imbaunya

Lebih lanjut ia juga mengatakan kedepanya nanti Dukcapil akan tegus mengelar oprasi Yustisi E-KTP di Kota Jayapura.

“Dalam tahun ini kita lakanlaksanakan 5 kali operasi namun kita harus melihat data dulu daerah-daerah mana yang masih banyak penduduknya yang belum melakukan perekaman itu yang akan kami sasar,”tukasnya.(ir)

Bagikan :

News Feed