oleh

Rem Blong, Pesawat Dabi Air Tabrak Batu di Puncak Papua

Jayapura, Kawattimur – Kecelakaan pesawat terjadi lagi di Papua, kali ini pesawat Dabi Air jenis Caravan PK-DPT milik PT Nusantara di bandara Aminggaru Ilaga Kab. Puncak pada 11/03/2019. Pesawat rem blong dan menabrak tumpukan batu di ujung landasan.

Juru Bicara Kodam XVII Cenderawasih Kolonel M. Aidi mengatakan, pesawat mengalami masalah pada rem saat mendarat di Bandara Ilaga Puncak. “Akibatnya pesawat dipiloti oleh Capt. Judha A dan Dendi Anugerah (Co Pilot).
hilang keseimbangan dan menabrak tumpukan batu di ujung runway,”ujar Aidi.

Rem Blong, Pesawat Dabi Air Tabrak Batu di Puncak Papua

Menurut Aidi Pesawat tersebut berangkat pada pukul 07.21 dari bandara Moses Kilangin Timika menuju ke Bandar udara Aminggaru Ilaga Distrik Omukia Kabupaten Puncak dengan membawa barang Logistik/Bamak milik Sdr. Idon (agen Pesawat Alda Air).

“Pada saat landing di Bandara udara Aminggaru Ilaga Kab. Puncak, pesawat mengalami Over Runway (Inciden Report) yang di sebabkan oleh rem pada pesawat tidak berfungsi dan kondisi bandara licin/basah sehingga pesawat mengalami Over Runway dan menabrak tumpukan batu yang berada di ujung Runway, pesawat mengalami rusak pada Landing Gear, Propeler dan Baling-baling depan,”terangnya.

Aparat keamanan gabungan TNI-Polri terdiri dari anggota Koramil 1714-03 Ilaga, personel Paskhas TNI AU dan Polres Ilaga di dipimpin oleh Danramil Mayor Inf Jalu bersama masyarakat membantu melaksanakan evakuasi dan pengamanan Bandara.

Pilot Capt. Jundha A dan Sdr. Dendi Anugerah (Co Pilot) berhasil keluar dari pesawat dengan selamat. Pukul 08.10 WIT barang Logistik/Bamak (1270 Kg) milik Idon dikeluarkan dari pesawat dan di bawa menuju gudang bandara untuk di periksa.

Sementara itu Capt. Jundha A (Pilot) dan Sdr. Dendi Anugerah (Co Pilot) di bawa menuju ke tower Bandara untuk di minta keterangan oleh pihak perhubungan terkait Over Runway pesawat Dabi Air PT. Nusantara PK-DPT (Caravan).

Setelah Capt. Jundha A (Pilot) dan Anugerah Dendi Anugerah (Co Pilot) selesai di mintai keterangan oleh pihak perhubungan udara kembali ke Timika dari bandara Aminggaru Ilaga Kabupaten Puncak dengan menggunakan Pesawat Dabi Air PK-DPW.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. “ Saat ini situasi di Bandara dan kota Ilaga secara umum kondusif, namun aparat keamanan masih berjaga-jaga memantau perkembangan situasi,” kata Aidi. (Ba)

banner
Bagikan :

News Feed