oleh

Open Bali Turnamen Gateball Ajang Pemanasan

JAYAPURA – Open Bali Turnamen Gateball memperebutkan Piala Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII (BBPJN-VIII) akan berlangsung dilapangan Istana Taman Jepun, Denpasar Provinsi Bali pada tanggal 23-24 Maret 2019. Open Turnamen ini akan diikuti 96 klub yang tersebar di tanah Air, termasuk Tim Pergatsi Provinsi Papua.

Demikian disampaikan Ketua Umum Pengprov Pergatsi Provinsi Papua, Ir. Osman H Marbun, M.MT dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi, semalam. Menurut Osman kejuaraan Turnamen Gateball ini mempertandingkan tiga kategori yakni, beregu campuran, triple campuran dan double campuran. Berdasarkan informasi yang diterima pihaknya peserta di batasi. Artinya, peserta setiap kategori hanya 32 klub. ‘’Dengan demikian peserta dari tiga kategori yang dimaksudnya semuanya 96 klub,’’ kata Osman.

banner banner

Open Bali Turnamen Gateball memperebutkan Piala Kepala BBPJN-VIII ini lanjut Osman bagi semua tim yang terjun adalah sebagai ajang pemanasan menjelang Pra PON bulan September 2019 di Jakarta nanti, sekaligus persiapan PON XX Tahun 2020 di Papua.

‘’Semakin banyak kejuaraan yang akan kita ikuti, tentu hasilnya semakin bagus untuk atlet. Mental atlet, kemampuaan fisik, serta kesiapan mental semua atlet Gateball kita semakin matang menghadapi Pra PON dan PON XX Tahun 2020,’’ imbuhnya.

Moment ini sangat penting ujar dia, sebagai pemanasan, juga sebagai tolak ukur bagi Tim Gateball Papua sudah sejauh mana persiapan atlet Gateball Papua. Sebab kata dia, Tim Gateball Papua selama 5 bulan lebih telah melakukan Training Centre (TC) berjalan. ‘’TC berjalan tim Gateball Papua sudah berjalan kurang lebih 5 bulan di Jayapura dibawah asuhan Andi Suardi. Dari semula kita sudah menyiapkan Tim dalam tiga kategori. Tim dipersiapkan sesuai dengan rencana semula tiga kategori yang akan dipertandingkan di PON XX Tahun 2020,’’ paparnya.

Meski demikian tandasnya, sesuai perkembangan informasi terakhir yang diterima pihaknya dari KONI Papua. PON XX Tahun 2020 cabor Gateball mempertandingkan 5 kategori yakni beregu campuran, triple campuran, double campuran, beregu putra dan triple putra.’’ Pada intinya, apakah tiga kategori atau lima kategori, kita telah siap. Kita telah latihan rutin dan siapkan atlet Gateball di dua kategori yang dimaksud. Jadi atlet yang kita siapkan ini benar-benar sudah siap terjun diberbagai kejuaraan. Apakah di open turnamen Bali, Pra PON dan PON XX tahun 2020,’’ tambah menajer Gateball Papua, Saudara Hutabalian.

Dikatakan Saudara, jadwal latihan TC berjalan Gateball yakni hari Senin-Sabtu. Latihan pukul 16.00 sampe dengan pukul 19.00 Wip. Tempat latihan ada dua lapangan antara lain satu di lapangan gateball Tanah Hitam dan lapangan gateball KONI Papua. ‘’Saya sangat bangga terhadap semua atlet Gateball Papua, mereka semua mengikuti latihan cukup serius. Atlet selalu latihan disiplin, walau memang ada satu dua orang yang kerap terlambat saat latihan, tapi saya senang melihat semangat mereka untuk latihan, bahkan latihan bisa sampai larut malam,’’ kata pelatih Gateball Papua, Andi Suardi seraya menambahkan selain memperebutkan piala BBPJN-Vlll, juga akan memperebutkan uang pembinaan dari Pergatsi Bali total Rp 135 juta.

Sedangkan menyangkut target di Open Bali Turnamen ini ujar Osman, dirinya optimis gateball Papua akan sukses membawa piala dari Bali ke Papua. Rasa optimis itu bukan tidak beralasan. Lantaran di berbagai kejuaraan yang diikuti Gateball Papua, Tim selalu sukses membawa piala ke Papua. Misalnya, pada kejuaraan Open Turnamen BBPJN II, Medan tahun 2018 lalu, Tim gateball Papua sukses meraih juara 1 kategori double campuran.

Sekedar diketahui prestasi Gateball Papua selama ini cukup bersinar disejumlah kejuaraan, misalnya pada eksebisi PON XIX 2016 Bandung, Jawa Barat, gateball Papua berhasil menyabet juara 4. Tahun 2017, Turnamen Dirjen Binamarga di Jakarta, Tim Gateball Papua sebagai juara 1. Tim berhasil membawa piala bergilir Dirjen Binamarga serta piala menetap. Bulan Desember Tahun 2017 Piala Menteri PUPR di Gorontalo. Tim gateball Papua keluar sebagai juara 1. Gateball Papua berhasil memboyang piala bergilir dan piala menetap ke Papua. Tahun 2018 di Piala Kasau Bogor, tim gateball Papua keluar sebagai juara IV. Tahun 2018 kejuaraan kepala BBPJN II, Medan, tim Gateball berhasil merebut juara 1 kategori double campuran. (Robin)

banner banner
Bagikan :

News Feed