oleh

Puluhan Tamu Keracunan Usai Hadiri Pesta Nikah di Merauke

JAYAPURA, Kawattimur – Sekitar 60 orang warga di Kabupaten Merauke mengalami sakit perut, demam dan mual-mual usai menghadiri pesta nikahan di Jalan Menara Lampu satu Kabupaten Merauke, Minggu (10/3/2019).
Gejala ini dirasakan setelah mereka menyantap hidangan makanan yang di sajikan pihak keluarga.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan kronologi kejadian berawal saat para tamu undangan menyantap makanan berupa soup ayam, cap cay, ayam saus, mie goreng, acar, dan nasi putih oleh pihak keluarga saat resepsi. Namun setelah para tamu ini kembali ke rumah masing-masing, mereka mengeluh sakit perut, demam dan mual-mual sehingga di larikan ke RSUD Merauke dan beberapa Puskesmas.

banner banner

“Jadi setelah di rumah baru di rasakan gejala ini, hingga akhirnya sekitar 60 orang di nyatakan keracunan,” kata Kabid Humas

Kendati begitu, setelah mendapat pertolongan medis, 48 pasien diantaranya bisa kembali ke rumah, sementara 12 pasien lainnya harus mendapatkan perawatan intensif.

“Yang di rawat inap ada 12 pasien sedangkan 48 pasien laninnya diperbolehkan pulang. Dan hingga kemarin tinggal 1 orang yang masih di rawat,” kata Kabid

Berdasarkan sampel yang diperoleh dari salah satu yang menjalani rawat inap, bahwasanya efek dari mengkonsumsi hidangan berupa ayam saus pada pesta pernikahan korban mengalami rasa sakit (menggigil dan demam). Kondisi korban ini berlajut hingga keesokan harinya, dimana korban tidak dapat menahan sakit dan meminta tolong kepada keluarga untuk dibawa ke RSUD Merauke sekitar Jam 05.00 Wit guna mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut.

Kata Kabid Humas, sebagaimana pengakuan tuan rumah pernikahan, semua makanan yang di hidangkan merupakan makanan yang di masak bersama dengan pihak keluarga.

“Kita sudah mengambil sample sisa makanan, berkoordinasi dengan pihak terkait, dan saat ini Kasus tersebut telah di tangani oleh Satuan Reskrim Polres Merauke. (TA)

banner banner
Bagikan :

News Feed